• Berita Terkini

    Kamis, 03 Juni 2021

    PLN Tingkatkan Keandalan Listrik di Perbatasan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-PLN berupaya meningkatkan keandalan listrik. Ini dilaksanakan dengan rutin melaksanakan pemeliharaan jaringan maupun peralatan. Hal ini dilaksanakan oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cilacap yang berkolaborasi dengan PLN UP3 Magelang. Dalam hal ini secara bersama melaksanakan pemeliharan maupun peningkatan jaringan maupun peralatan di perbatasan wilayah, Kamis (3/6/2021).


    Kegiatan tersebut melibatkan PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kebumen dan PLN ULP Kutoarjo. Selain itu juga tim dari Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Cilacap, Magelang, tenaga inspeksi Gardu Induk Wadaslintang, petugas harkeypoint UP2D serta vendor dan Yantek Kebumen dan Kutoarjo.


    Hadir Manager PLN UP3 Cilacap Bramantyo Anggun Pambudi. Pihaknya didampingi Manager ULP Kebumen Teguh Suprabowo dan Manager ULP Kutoarjo Suryanta. Bramantya Anggun Pambudi memberikan pengarahan kepada tim sebelum melakukan pekerjaan.


    Dijelaskannya bahwa kegiatan itu merupakan budaya kerja PLN 2 yakni berkolaborasi dengan unit lain untuk meningkatkan keandalan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Sebelumnya kami juga telah kolaborasi dengan rekan-rekan di transmisi dengan melakukan inspeksi di keluaran Gardu Induk. Ini sampai dengan 10 tiang pertama," tuturnya.


    Dari hasil inspeksi tersebut, kemudian ditindaklanjuti dengan eksekusi. Ini dengan pembersihan right of way ( ROW) melakukan pemasangan titik poin manuver atau load break switch (LBS) antara Kebumen dan Kutoarjo. 


    Kemudian dilaksanakan rekonstruksi jaringan, mengencangkan (resagging) semua jaringan, pembersihan peralatan di tiang seperti pembersihan isolator atau pelapisan isolator dengan yang lebih baik lagi. "Diharapkan dengan upaya ini keandalan jaringan akan semakin baik dan pelayanan kepada masyarakat akan semakin meningkat," katanya.


    Lebih lanjut, Bramantya menambahkan dengan pemasangan LBS dan expor impor (Exim) meter, transaksi energi antara batas wilayah Kebumen maupun Kutoarjo bisa berlangsung lebih baik lagi. Ketika ada manuver jaringan, sehingga wilayah Kebumen menyuplai Kutoarjo atau sebaliknya maka pengukuran energi bisa lebih baik lagi. "Kami memang sedang menggerakkan program budaya PLN 2 yakni kolaborasi," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top