• Berita Terkini

    Kamis, 03 Juni 2021

    Pandemi, PAT di Kebumen Dilaksanakan Tanpa Tatap Muka


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Pandemi Corona telah membuat perubahan besar pada dunia pendidikan. Kali ini  Penilaian Akhir Tahun (PAT) SMP dan SD di Kebumen, dilaksanakan dengan sistem daring atau tanpa tatap muka. 


    Kendati demikian pada hari pertama, Rabu (2/6/2021) masih terdapat beberapa sekolah yang menetapkan tatap muka. Namun demikian jumlahnya tentunya sangat sedikit. Secara umum PAT dilaksanakan dengen tanpa tatap muka.


    Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen H Moh Amirudin menyampaikan semua PAT dilaksanakan dengan sistem online.  Artinya sistem tatap muka belum dilaksanakan. Ada kemugkinann tatap muka baru akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru mendatang. “Semua (PAT) masih online,” tuturnya, Rabu (2/6).


    Meski Disdik Kebumen belum memberlakukan sistem tatap muka, namun ada saja sekolah yang telah menerapkan sistem tatap muka. Terutama pada hari pertama PAT. Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdik H Moh Amirudin menyampaikan pihaknya akan melaksanakan koordinasi. “Nanti tak koordinasi,” katanya.


    Dengan demikian, dapat dipastikan jika Pemerintah Kebumen dalam hal ini Dinas Pendidikan belum memberlakukan sistem tatap muka. Untuk itu PAT masih dilaksanakan dengan sistem daring.


    Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 1 Kebumen Martiyono. Pihaknya yang juga merupakan Ketua MKKS SMP Kebumen menyampaikan sepengetahuannya PAT di SMP dilaksanakan dengan sistem daring. Ini dengan model sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. “Untuk SMP Negeri 1 Kebumen Daring dengan Learning Managemen Sytem (LMS),” jelasnya.

    Sebelumnya H Moh Amirudin juga menyampaikan jika memungkinkan pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan pada ujian kenaikan kelas (PAT). Namun jika belum memungkinkan baru dapat dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru, yakni pada Juli mendatang.


    Pihaknya menyampaikan terkait evaluasi akan dilaksanakan bersama dengan Bupati Kebumen. Untuk itu hingga kini belum dapat dipastikan kapan sistem pembelajaran tatap muka akan dilaksanakan. 


     Terkiat dengan masih adanya Pandemi Corona, Moh Amirudin mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Hal ini sangat penting agar pandemi segara berakhir.


    Jika pandemi berakhir tentunya semuanya akan kembali normal. Ini baik kehidupan masyarakat, perekonomian dan pendidikan.  Peran masyarakat sangat penting dalam menanggulangi penularan dan penyebaran Virus Corona. 


    Adapun pelaksanaan PAT sendiri sesuai kaleder pendidikan yakni dimulai 2 hingga 12 Juni 2021.Pelaksanaanya fleksibel di masing-masing sekolah, yang penting masih dalam tanggal waktu sesuai dengan kalender pendidikan. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top