• Berita Terkini

    Senin, 14 Juni 2021

    Mobil Damkar Kebumen Akan Diremajakan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto berencana akan meremajakan kembali mobil pemadam kebakaran. Pasalnya  mobil pemadam yang saat ini ada kondisinya dinilai kurang layak. Pihaknya berjanji akan segera merevitalisasinya untuk diganti dengan yang baru. 


    Hal ini disampaikan pada acara Apel Sinergitas Tanggal Bahaya Kebakaran. Peran pemadan kebakaran sendiri sangat penting. Terlebih kini dimana semakin meningkatnya populasi penduduk, meningkat pula potensi risiko terjadinya bencana kebakaran. 


    “Mudah-mudahan kedepan pemadam kebakaran semakin kuat. Sehingga pelayanan semakin meningkat. Masyarakat dapat menerima pelayanan yang cepat dalam waktu kurang lebih 15 menit,” tuturnya, Senin (14/6/2021).


    Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto secara langsung memimpin Apel Sinergitas Tanggal Bahaya Kebakaran. Ini dilaksanakan di Halaman Gedung Setda Kebumen. Hadir pula Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih, Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawiranegara Matondang, Kapolres Kebumen AKBP Peter Yanotama dan juga seluruh OPD terkait. 


    Dalam kesempatan tersebut Bupati dan Wakilnya pun menilik secara langsung kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh pemadam kebakaran Kebumen. Ini meliputi tujuh unit mobil dinas pemadam kebakaran dan juga berbagai perlengkapan lain seperti pompa air dan juga tandu penyelamatan. 


    Disampaikannya populasi penduduk semakin meningkatnya. Di Kebumen sendiri kini terdapat sekitar 1,4 juta penduduk.  Peningkatan berbanding lurus dengan risiko. Untuk itu sinergitas dan kesigapa dari pemadam kebakaran semakin dibutuhkan masyarakat.  


    “Tidak dipungkiri kini sarana dan prasarana dari pemadam kebakaran masih sangat terbatas. Sangat diperlukan kekompakan dari semua element. Mulai dari TNI, Polri, Tagana ataupun relawan dan juga masyarakat,” katanya. 


    Ditambahkannya, Pemerintah Kebumen kini sudah mulai melebarkan posko pemadam kebakaran. Ini seperti di Kecamatan Prembun, Petanahan, dan Gombong agar semakin mendekatkan dengan tempat kejadian. 

    Sementara itu Kasi Pemadam Kebakaran Teguh Sumarno menyampaikan dengan kondisi kendaraan Damkar yang sebagian besar sudah tua, para petugas setiap hari selalu rajin melakukan pengecekan terhadap mobil tersebut. Ini agar ketika dibutuhkan bisa segera digunakan. 


    Beruntung para petugas memiliki keahlian sendiri, sehingga kerusakan kerusakan kecil bisa segera ditanggulangi. “Kami juga berharap Damkar Kebumen memiliki bengkel sendiri, sehingga mobil mobil Damkar kondisinya bisa selalu prima. Sehingga bila masyarakat membutuhkan, Damkar bisa cepat tanggap,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top