• Berita Terkini

    Kamis, 03 Juni 2021

    Hindari Bandara Sepi, Ganjar Minta Bupati Purbalingga Kembangkan Sektor Wisata


    (kebumenekspres.com) PURBALINGGA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta Bupati Purbalingga kreatif untuk meramaikan bandara Jenderal Besar Soedirman yang baru saja diresmikan. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mengembangkan sektor pariwisata.

    Hal itu disampaikan Ganjar saat menghadiri pendaratan pesawat komersil perdana di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga, Kamis (3/6).

    "Bandara ini menjadi satu berkah yang kita harapkan. Betul-betul untuk masyarakat Purbalingga dan sekitarnya seperti Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Cilacap dan Pemalang. Tapi setelah ini jadi, ke depan mau apa. Dengan penerbangan yang belum ramai, maka harus dicarikan ide-ide kreatif," kata Ganjar.

    Pengembangan pariwisata lanjut Ganjar adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk meramaikan kunjungan ke daerah itu. Namun yang harus diingat, pengembangan pariwisata harus dilakukan terbatas, mengingat kondisi masih pandemi.

    "Kalau bisa kembangkan pariwisata terbatas, misalnya menggelar sport tourism di sini atau kegiatan lain. Kalau itu bisa jalan, maka orang Jakarta, orang Surabaya dan lainnya tertarik untuk datang," jelasnya.

    Paket-paket wisata lanjut Ganjar bisa dibuat di daerah Purbalingga. Misalnya siapa yang mau marathon, bersepeda atau arung jeram. Pengembangan paket-paket wisata itu diyakininya bisa menarik minat pengunjung.

    "Di sini punya banyak potensi yang bisa dikembangkan. Kita bisa kerjasama dengan maskapai penerbangan, kemudian dengan pariwisata, pelaku UMKM untuk membuat paket-paket wisata yang bagus," tegasnya.

    Ia berharap Bupati Purbalingga dan bupati-bupati di sekitar Purbalingga bisa berkoordinasi dan bekerjasama.

    "Saya harap para Bupati yang ada di kawasan ini segera berkoordinasi. Tadi sudah banyak ide-ide yang muncul dan tinggal dilaksanakan. Saya dukung sepenuhnya," pungkasnya.

    Sementara itu, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, bandara Jenderal Besar Soedirman merupakan harapan masyarakat Purbalingga sejak lama. Sejak belasan tahun, warga menantikan bandara ini beroperasi.

    "Sekarang impian itu terwujud, dan sekarang sudah beroperasi. Semoga ini bisa mendongkrak ekonomi masyarakat kami," katanya.

    Tiwi berharap ke depan tak hanya pesawat jenis ATR-72 yang mendarat di bandara itu. Namun nantinya, pesawat-pesawat besar seperti Boeing juga bisa mendarat di sana.(rls) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top