• Berita Terkini

    Selasa, 15 Juni 2021

    Donor Darah Massal Warnai Peringatan Hari Donor Darah Dunia di Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Dalam rangka memeringati Hari Donor Darah Dunia atau World Blood Donor Day (WBDD) tahun 2021 yang jatuh pada 14 Juni 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen bersama Unit Donor Darah PMI Kebumen menggelar donor darah masal, Minggu (14/6/2021).


    Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto melalui Plt Kepala UTD PMI Kebumen, dr Sri Fatmawati mengatakan, kegiatan ini digelar di Aula Kecamatan Gombong. Donor darah massal dalam rangka peringatan World Blood Donor Day (WBDD) ini, ujar dia, merupakan agenda rutin UTD PMI Kebumen. 


    Momentum itu dilakukan untuk menyerap pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Kebumen. Dalam donor darah massal kali ini, pihaknya menargetkan 250 kantong darah. Namun adanya Pandemi Covid19 dan vaksinasi donor darah massal hanya terkumpul 129 kantong.


    Dalam kegiatan donor darah massal itu, setiap pendonor harus lolos uji screening kesehatan, baik tensi darah, hemoglobin dan tidak terpapar Covid-19. 

    "Karena pandemi covid, kami terapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama pada tahap screening untuk memastikan pendonor sehat dan aman dari covid," ujar dr Sri yang kemarin didampingi Kepala Markas PMI Kebumen Eko Purwanto.


    Adanya peningkatan Covid19 di Kabupaten Kebumen menjadikan tantangan tersendiri bagi para petugas donor darah di UTD PMI Kebumen. Selain permintaan darah yang tinggi juga permintaan donor darah trombosit bagi pasien Covid19, juga resiko dan kerentanan petugas yang mudah terpapar Covid19. 


    Hal itu bisa terjadi jika ada pendonor yang berbohong saat wawancara dengan uji screening Covid-19. "Petugas kami sangat rentan terpapar karena langsung bersinggungan dengan orang banyak, jika ada calon pendonor yang berbohong dalam pengakuan screening itu yang berbahaya," jelasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top