• Berita Terkini

    Minggu, 20 Juni 2021

    Covid Melonjak, Enam RS Rujukan Covid-19 Kebumen Telah Penuh


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Peningkatan kasus positif baru di Kebumen terus meningkat. Di minggu ketiga Bulan Juni 2021, sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 telah penuh. Tidak tanggung-tanggung, 6 dari 12 rumah sakit rujukan telah dipenuhi pasien rawat. 


    Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kebumen, rumah sakit rujukan yang penuh yakni RSUD Prembun  dengan kapasitas 27 tempat tidur, RS Palang Biru berkapasitas 14 tempat tidur. Kemudian RS Purwogondo dengan kapasitas 28 tempat tidur. Selanjutnya yakni  PKU Muhammadiyah Kutowinangun kapasitas 15 tempat tidur, PKU Muhammadiyah Petanahan kapasitas 12 tempat tidur dan RS Permata Medika kapasitas 22 tempat tidur. 


    Enam RS rujukan lain juga terisi pasien seperti RSUD Dr Soedirman dari kapasitas 86 terisi 41, PKU Muhammadiyah Gombong dari 176 terisi 87, PKU Muhammadiyah Sruweng dari kapasitas 46 terisi 12. RS Wijaya Kusuma dari kapasitas 33 terisi 5, RS Purbowangi dari kapasitas 21 terisi 14 dan RS Darurat masih belum terisi dari kapasitas 58 tempat tidur. "Kapasitas untuk Covid 26 tempat tidur dan sudah terisi semua," ungkap Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Prembun Tri Tunggal Eko Sapto, Minggu (20/6/2021).


    Berdasarkan data pada laman resmi Pemprov Jawa Tengah, Kasus Cvid-19 di Kebumen cukup tinggi. Berdasarkan update data 19 Juni 2021, Kebumen menempati peringkat enam  besar dengan 8.667 kasus dengan 7.689 sembuh. Posisi Kebumen di bawah Kota Semarang, Banyumas, Kudus, Cilacap dan Magelang.


    Sebelumnya, Ketua Bidang Informasi Publik Satgas covid-19 Kebumen Cokro Aminoto menyampaikan peningkatan kasus disebabkan banyaknya klaster mantenan, keluarga, kegiatan ibadah yang tidak menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat. Selain itu, pengalaman isolasi mandiri yang berjalan dinilai belum berhasil.


    Disisi lain, pemerintah terus menggencarkan sosialisasi akan protokol kesehatan. Seperti yang terjadi di Pasar Kutowinangun dimana Kapolsek AKP Krida Risanto bersama anggota TNI, Satpol PP Kecamatan dan petugas mengimbau pedagang akan patuh protokol kesehatan. Juga mengajak para pedagang untuk mensukseskan vaksinasi covid-19 yang tengah dijalankan Satgas covid-19 Kebumen. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top