• Berita Terkini

    Sabtu, 01 Mei 2021

    Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan KC Kebumen Optimalkan Pelayanan Digital


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap peserta JKN Kis. Dengan menerapkan teknologi dan sistem informasi secara end-to-end dan terintegrasi mulai dari pelayanan, proses rekrutmen peserta, pengumpulan iuran, administrasi layanan kesehatan hingga pengajuan dan pembayaran klaim. Kondisi pandemi Covid-19 ini tentu semakin menggugah BPJS Kesehatan untuk melakukan inovasi layanan digital.


    Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, Titus Sri Hardiyanto mengatakan, strategi pertama yang dilakukan adalah pengembangan layanan untuk kemudahan peserta. BPJS Kesehatan mulai mengembangkan inovasi dalam hal pelayanan administrasi kepesertaan tanpa tatap muka. Saat ini layanan tersebut tersedia melalui Care Center 1 500 400, Mobile JKN, Chat Assistant JKN (Chika), Voice Interactive JKN (Vika),


    "Kami juga melakukan pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) hingga pengiriman kartu peserta melalui pos, juga dengan layanan administrasi melalui direct message di media sosial resmi BPJS Kesehatan, ini merupakan inovasi BPJS ditengah Pandemi Covid19," katanya saat jumpa pers yang di kantor BPJS Kesehatan Kebumen selasa (27/04/2021).


    Titus menghimbau bagi masyarakat untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN karena di aplikasi tersebut dapat mencakup hampir seluruh layanan JKN-KIS . Terlebih saat ini hampir seluruh masyarakat mempunyai Smartphone sehingga tidak sulit apabila peserta dapat mengakses aplikasi Mobile JKN. Untuk fasilitas lain juga sangat mudah yakni PANDAWA (pelayanan administrasi via Whatsapp)


    Program pandawa terlahir karena kondisi Force majeure yakni Pandemi Covid 19 yang mengharuskan masyarakat menghindar dari kerumunan. Pandawa dapat digunakan untuk layanan yang biasanya dilakukan di kantor BPJS Kesehatan, dengan adanya Pandawa tentunya warga tidak perlu repot datang ke kantor.


    "Untuk nomor layanan pandawa BPJS Kantor cabang Kebumen adalah 085226388063, silahkan peserta melakukan chat awal kemudian nanti akan dibalas oleh bot kami agar mengisi form layanan yang akan dilakukan terlebih dahulu. Setelah form diisi nanti petugas admin PANDAWA akan menghubungi peserta dan dilayani sesuai dengan kebutuhan peserta," kata Titus.


    Diharapkan melalui inovasi layanan digital yang dikembangkan BPJS Kesehatan akan semakin memudahkan masyarakat mengakses pelayanan Program JKN-KIS khususnya di masa pandemi ini. Tentu inovasi ini tidak berhenti sampai disini. Tantangan selanjutnya yaitu bagaimana mengupayakan pemanfaatan berbagai layanan digital ini meningkat melalui edukasi baik kepada peserta dan mitra kerja.


    Titus juga mengucapkan terimakasih kepada peserta JKN - KIS yang sudah menggunakan fasilitas layanan yang tersedia di BPJS Kesehatan karena semua untuk memudahkan pelayanan.


    "Terimakasih untuk para peserta JKN - KIS Yang sudah mengunduh aplikasi dan juga menggunakan layanan kami yang tersedia dan juga apresiasi yang tinggi untuk peserta yang selalu rutin membayar iuran setiap bulan,karena dengan membayar iuran secara rutin kartu JKN - KIS anda akan bisa digunakan di semua faskes kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan",ujarnya. (Fur/rz)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top