• Berita Terkini

    Senin, 10 Mei 2021

    Siswa SD Muhamadiyah Kebumen Dilatih Bayar Zakat Fitrah


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam. Dengan latar belakang itu pula, SD Muhamadiyah Kebumen menanamkannya sejak dini dengan cara mengajak para siswa membayar zakat.


    Zakat fitrah berupa berasa itu digelar kemarin. Siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 itu dengan menerapkan protokol kesehatan secara bergilir mentasarufkan zakat berupa beras. 


    Kepala SD Muhamadiyah Kebumen, Miskun SPd MPd mengatakan, siswa yang membayarkan zakat fitrahnya melalui sekolah biasanya mencapai 100 persen. Hal itu merupakan kegiatan rutin setiap tahun SD Muhammadiyah.


    "Kami hanya memfasilitasi siswa, juga bagian dari melatih siswa berzakat sejak dini agar terbiasa dikehidupan mendatang," kata Miskun didampingi Wakil Kepala Sekolah Sulthon Nasir.


    Ia menjelaskan penerimaan zakat fitrah di SD Muhammadiyah Kebumen dilakukan secara bergilir selama dua hari yakni tanggal 5 dan 6 Mei 2021. Hal itu mengingat situasi pendemi Covid19 dan penerapan protokol kesehatan.

    "Siswa yang hadir diantar oleh orang tuanya dan wajib menggunakan protokol kesehatan," ujarnya.


    Adapun besaran zakat fitrah yang dibayarkan tiap siswa sebesar 2,5 kg beras atau kalau diuangkan Rp 35.000.   "Siswa yang membayar zakat fitrah dengan kami sarankan beras, karna itu anjurannya," jelas Sulthon. 


    Sementara itu, siswa Kelas III Faiz (8) menyatakan, membayar zakat fitrah di sekolah untuk belajar cara membayar zakat fitrah. "Cuma sendirian bayar ke sekolah, sedangkan orangtua membayar zakat fitrah di masjid, ya jadi bisa menghafal doa niat zakat," katanya. (fur


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top