• Berita Terkini

    Minggu, 23 Mei 2021

    Sempat Jadi Polemik, Pembangunan Perumahan ASN di Kebumen Mandek


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Rencana pembangunan Perumahan Sidomoro Permai di Desa Sidomoro Kecamatan Bulus pesantren, hingga saat ini belum ada tindak lanjut atau ngambang.  Rencana perumahan tersebut dibangun untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN).


    Rencana pembanguan Perumahan Sidomoro Permai di launching oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz semasa menjabat. Kala itu Bupati Yazid menyampaikan rencana perumahan tersebut sebenarnya bukan hal yang baru. Melainkan rencana dari dulu, khususnya terkait pengembangan Kawasan Kebumen ke Selatan, dimana saat ini sudah ada RSUD terminal.


    Kades Sidomoro Supriyono menyampaikan rencana perumahan tersebut sebenarnya tinggal menunggu negosiasi dari pihak pengembang dengan masyarakat. Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut ataupun kepastian dari pihak pengembangan dalam hal ini PT Gunung Sari Cekatan.


    “Jikalau proyek tersebut dilanjutkan, pihak desa juga siap untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat dengan pihak pengembangan. Pihak Desa tidak akan mengintervensi masyarakat soal kaitannya dengan harga tanah. sepenuhnya kami serahkan kepada masyarakat, asal harga sesuai, 90 persen masyarakat menerima,” tuturnya, Minggu (23/5/2021).


    Selain itu Kades juga memastikan, jika tidak ada mafia tanah di Desa Sidomoro. Pihak Desa juga akan tetap melindungi hak-hak masyarakat, apapun risikonya. Dalam hal ini warga meminta harga tanah Rp 6 juta ke atas. Jikalau harganya kurang dari itu tentunya akan sulit. “Warga mintanya Rp 6 juta ke atas kalau dibawah itu sulit,” terangnya.

    Sebelumnya Dinas PUPR Kebumen juga telah melakukan survei .  Kendati demikian hingga kini belum juga ada negosiasi harga dengan masyarakat.

    Dari catatan koran ini, semasa Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto menjabat sebagai wakil bupati pernah menyampaikan jika rencana pembangunan kompleks perumahan ASN di Sidomoro itu, tidak ada kaitannya dengan Pemkab Kebumen. Perumahan murni dibangun pihak swasta. 


    Hal ini disampaikan saat acara Sarasehan dengan paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Buluspesantren di GOR Desa Sangubanyu, Rabu (20/1/2021) lalu. pada acara tersebut juga hadir Kepala Dinas Dispermades Kebumen Frans Haidar, Kepala Dinas Perkim LH Edi Riyanto dan Forkopimcam Buluspesantren. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top