• Berita Terkini

    Jumat, 21 Mei 2021

    Pertamina Kucurkan Bantuan Rp 687 Juta


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-PT Pertamina (Persero) kembali memberikan bantuan ke Kabupaten Kebumen. Bantuan sebesar Rp 687 juta tersebut diberikan secara simbolis di Pendopo Rumah Bupati, Jumat (21/5/2021).


    Nantinya, bantuan ini dipergunakan program pemberdayaan lingkungan. Khususnya, untuk para Kelompok Tani Hutan Pantai Selatan, Kelompok Tani Arumsari Jogosimo, dan Bank Sampah Samiun Kebumen. 

    Bantuan diberikan secara simbolis di Pendopo Rumah Bupati, Jumat (21/5), turut dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, sejumlah pimpinan OPD, para camat dan penerima manfaat.

    Bupati Arif menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang sudah kesekian kalinya memberikan bantuan untuk pemberdayaan masyarakat. Kali ini untuk lingkungan, yakni bantuan penanaman hutan bakau atau hutan mangrove di pantai selatan Kebumen, dan bantuan pembuatan bank sampah. 

    "Ini adalah bantuan untuk kesekian kalinya setelah Direktur CSR Pertamina beberapa bulan lalu hadir di Kebumen melihat potensi pariwisata di pesisir selatan Kebumen yang sangat luar biasa untuk dikembangkan dengan melibatkan peran serta masyarakat," ujar Arif.

    Arif berharap para penerima manfaat bisa menggunakan bantuan ini sesuai penggunaanya, yakni mendorong pengembangan wisata berbasis lingkungan yang bersih dan indah.

    "Bantuan ini harus bisa digunakan sesuai pemanfaatannya, karena ke depan akan dilakukan pemantauan dan pengawasan dari Pertamina, apakah bantuan tepat penggunaanya atau tidak," jelas Bupati.

    Arya Dwi Paramita Vice president CSR & SMEPP Management PT Pertamina yang mengikuti secara virtual menyampaikan, bahwa Pertamina selalu komitmen untuk melakukan pemberdayaan lingkungan melalui dana-dana CSR yang diberikan.

    "Kebumen menjadi salah satu kabupaten yang kita pandang sangat layak dan tepat untuk diberikan SCR, karena kita sudah melihat potensi wisata di sana cukup bagus, dan pemberdayaan lingkungannya perlu diperkuat," jelasnya.

    Ia berharap, Pertamina dan Pemerintah Kabupaten Kebumen ke depan selalu bisa menjalin kerjasama yang baik untuk pembangunan masyarakat di berbagai sektor atau bidang. 

    Pitra Suwita dari kelompok Bank Sampah Samiun Kebumen berserta dari Kelompok Tani Hutan Pantai Selatan Kambang Trihadi, keduanya menyampaikan terima kasih baik kepada Pertamina dan Bupati Kebumen yang sudah memberikan perhatian dengan adanya bantuan ini.

    "Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati dan Pertamina atas bantuannya. Perhatian dan dukungan yang diberikan terhadap persoalan lingkungan semoga bisa pariwisata di Kebumen menjadi lebih baik," ucap Trihadi.

    "Kami dari pengelola Bank Sampah Samiun juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Bupati dan Pertamina. Bantuan ini akan kita gunakan seluruhnya untuk pengelolaan sampah di perkotaan, sehingga bisa lebih bermanfaat," tambah Suwito. (fur/*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top