• Berita Terkini

    Minggu, 16 Mei 2021

    Penggunjung Pasar Kemit Menurun Drastis pada saat Lebaran 2021 akibat dari Larangan Mudik

     


    (kebumenekspres.com KEBUMEN-Suasana Idul Fitri 1442 di Pasar Kemit Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen tahun 2021 masih sama dengan tahun 2020 Lenggang tanpa kemacetan kondisi ini diakibatkan karena adanya wabah Covid-19.Dampak larangan mudik juga sangat berimbas di sector ekonomi.Tidak ada lonjakan pembeli di pasar dan harga kebutuhan pokok juga cenderung stabil.

    Menurut Painem(45)Pedagang sayur” Pasar Kemit tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, yang banyak pengunjung dan para pemudik(perlopan) pada hari Raya Idul Fitri.Semenjak adanya wabah Covid ini pasar menjadi sepi dan lenggang tidak ada Perlopan datang yang ada hanya orang-orang lokal saja”kata pedangang sayur.

    Selain itu,meskipun suasana tak seperti sebelumnya,ia merasa bersyukur karena ditengah wabah pandemic Covid-19 ini masih bisa berjualan dengan strategi mengurangi kebutuhan stok seperti sebelumnya.

    “Padahal sebelum masa pandemic,sehari sayuran kita bisa habis terjual,namun karena pandemic ini bisa sampai du hari baru habis terjual”tuturnya.

    Tak dipungkiri,larangan mudik ini dilakukan guna menekan penyebaran wabah Covid-19 membuat sebagian besar para perantauan menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarganya dengan memilih mengurungkan niatnya untuk tidak mudik. 

    Untuk harga kebutuhan pokok relatif aman baik pasokan maupun harga ”Pada kondisi pandemic ini tidak ada para pemudik,jadi masyarakat hanya membeli kebutuhan untuk keluarga kecilnya saja”kata yati(55) pedagang sembako.

    Disisi lain keberadaan swalayan dan mini market yang merebak di wilayah kecamatan karanganyar ini juga menjadi kendala bagi pedagang pasar tradisional,pasalnya menurut mereka masyarakat lebih memilih berbelanja di mini market atau swalayan untuk memenuhi kebutuhan lebaran.(*) 

    Penulis 

    Indriasih,Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

    Dosen pengampu I.Soni Kurniawan,S.E..,M.Sc.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top