• Berita Terkini

    Minggu, 02 Mei 2021

    Penataan Kota Kebumen, Empat Jalan Bakal Jadi Satu Arah


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)--Pemerintah Kabupaten Kebumen akan menerapkan manajemen atau sistem jalan satu arah. Ini meliputi empat jalan di Kota Kebumen.Langkah tersebut sebagai salah satu cara mengatasi peningkatan kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut.


    `Empat jalan meliputi Jalan Kusuma, Jalan Letjend Suprapto, Jalan Pahlawan dan Jalan Kolopaking. Kebijakan juga guna meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Selain itu juga untuk mengurangi kemacetan pada ruas Jalan Pahlawan, Sutoyo, dan Kusuma. Mengurangi hambatan samping seperti parkir tepi jalan umum dan meningkatkan kinerja pelayanan angkutan umum.


    Plt Kepala Dishub Kebumen Cokro Aminoto menyampaikan adanya perkembangan jumlah penduduk dan adanya pusat-pusat kegiatan dan segala aktivitasnya  secara tidak langsung menyebabkan perkembangan pergerakan manusia. 


    Dalam hal ini transportasi merupakan pendukung pergerakan masyarakat yang memberikan dampak positif  terhadap peningkatan pertumbuhan dan kemajuan pembangunan.


    Dengan menurunnya tingkat pelayanan kinerja ruas jalan pada jam jam sibuk di beberapa ruas jalan berdampak  pada kemacetan. Ini pun berimplikasi pada panjangnya waktu perjalanan dan biaya perjalanan yang semakin bertambah. “Untuk itulah kebijakan jalan satu arah menjadi solusi dari beragam persoalan itu,” tuturnnya.


    Beberapa yang persoalan yang melatarbelakangi yakni peningkatan Volume Lalu Lintas ruas Jalan Pahlawan, Mayjend Sutoyo, dan Jalan Kusuma terutama pada jam sibuk pagi.  Selain iu terjadi ketidakseimbangan antara volume Lalu Lintas dengan Kapasitas ruang Jalan. Pertumbuhan jumlah kendaraan mencapai 9,2 persen per tahunnya. Sehingga menambah volume kendaraan pada ruas jalan.


    Terjadi pula pengurangan kapasitas jalan yang ditimbulkan akibat tingginya hambatan samping. Ini  seperti parkir  tepi jalan umum, pedagang kaki lima, dan bongkar muat barang di badan jalan. “Terdapat pula angkutan umum yang berhenti (nge-Time) di ruas Jalan saat menaik dan menunkan penumpang bukan pada tempatnya. Uji coba dilaksanakan pada Mei ini,” jelasnya.


    Adapun setelah diberlakukan satu arah nantinya akan terjadi rute pada Jalan Pahlawan dari Tugu Lawet Kebumen jalur satu arah dari Timur ke Barat. Ini hingga Alun-alun Kebumen. Jalan Pahlawan di sebelah Barat Alun-alun satu arah ke Utara hingga Jalan Mayjend Soetoyo satu arah dari Barat ke Timur hingga Pasar Koplak Kebumen yakni Jalan Kusuma. Jalan Kusuma satu arah dari Utara ke Selatan hingga Tugu Lawet Kebumen. "Uji coba akan dilaksanakan pada 5 Mei. Sedangkan hari ini, 3 Mei akan mulai dipasang rambu dan barikade jalan," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top