• Berita Terkini

    Jumat, 21 Mei 2021

    Pemkab akan Permanenkan Jalan Satu Arah


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Masa uji coba pemberlakuan jalur satu arah (One Way) di Kebumen resmi diperpanjang. Bukan hanya uji coba yang diperpanjang, Pemkab Kebumen juga memastikan jalur satu akan dipermanenkan.


    Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Sugeng Pujarwanto saat Konferensi Pers yang digelar di Panggung Terbuka "Sasana Pambiwara" Diskominfo, Jumat (21/5/2021).


    Disampaikannya, uji coba satu jalur pertama berakhir pada 20 Mei 2021. Sesuai dengan hasil evaluasi yang dilaksanakan, uji coba akan diperpanjang hingga 31 Mei 2021 mendatang. "Uji coba pemberlakuan satu arah telah berakhir tanggal 20 Mei 2021 dan sesuai hasil evaluasi akan kami perpanjang hingga 31 Mei. Kedepan ini akan kami permanenkan," terang Sugeng.


    Terkait hasil evaluasi pemberlakuan uji coba, Sugeng mengakui banyak hal yang masih belum sempurna. Utamanya sarana prasarana fisik jalan seperti lampu lalu-lintas dan pembatas jalan.  


    Karena ini merupakan hal baru, tidak heran jika Masyarakat Kebumen belum terbiasa. Terdapat anggapan adanya pemberlakuan satu arah menjadikan rute bertambah jauh. Selain itu juga muter-muter, yang berakibat pada zona tempuh menjadi lebih lama. "Keluhan masyarakat terkait katanya jadi muter-muter, jadi tambah jauh, itu kami jadikan masukan. Saya pribadi juga merasakan itu tapi tidak apa-apa karena ini masih baru. Lama-lama masyarakat akan terbiasa," lanjutnya.


    Sejumlah rencana telah disiapkan Dinas Perhubungan Kabupaten Kebumen, diantaranya pembongkaran pulau (pembatas tengah) jalan di jalur-jalur yang diberlakukan One Way. Selain itu juga revitalisasi fungsi trotoar dan pemindahan pedagang di Alun-alun Kebumen. 

    Terkait dengan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi jalur satu arah kini sudah semakin meningkat. Secara bertahap masyarakat akan terbiasa dengan jalur tersebut. Meski hingga kini pihaknya tidak memungkiri masih tetap ada pelanggaran ditemukan setiap harinya.

    "Kami tidak akan menyerah hanya karena keterbatasan sarana dan prasarana. Dinas Perhubungan juga mohon koreksinya kepada masyarakat agar Sistem Satu Arah ini berjalan sempurna,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top