• Berita Terkini

    Jumat, 07 Mei 2021

    Narapidana Lapas Wonosobo Dapat Jaminan Kesehatan JKN KIs

     


    WONOSOBO - BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen melakukan audiensi dan koordinasi dengan Bupati Wonosobo, Dinas Kesehatan, dan Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) terkait kepesertaan JKN-KIS napi dan tahanan. Acara ini dilakukan di Pendopo Kabupaten Wonosobo pada Kamis (6/5).


    Hadir dalam kesempatan itu Bupati Kabupaten Wonosobo Afif Nurhidayat, Kepala Rutan Kabupaten Wonosobo, dan Plh Kepala Dinas Kesehatan Wonosobo. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen Kantor Kabupaten Wonosobo, Prasetya Anang Baja menjelaskan tentang peran BPJS Kesehatan terhadap penjaminan kesehatan napi dan tahanan di LAPAS Kabupaten Wonosobo.


    “Peran BPJS Kesehatan sebagai penjamin layanan kesehatan para Napi dan Tahanan adalah dengan mengikutsertakan mereka ke dalam program JKN KIS sehingga jika napi dan tahanan membutuhkan layanan kesehatan dapat dengan mudah mengakses dan sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan. Untuk dapat menjadi peserta JKN KIS Pemda akan menindaklanjuti secara teknis dengan mempertimbangkan ketersediaan anggaran," ungkap Anang Kamis (6/5)


    Sementara itu, penyusunan skema terbaik untuk penjaminan layanan kesehatan bagi para narapidana disampaikan oleh Bupati Kabupaten Wonosobo, Afif Nur Hidayat. Ia mengatakan dalam segi kesehatan, para narapidana dan tahanan ini sangat membutuhkan layanan kesehatan mengingat saat ini terdapat Pandemi Covid-19 yang memungkinkan juga terjadi penularan di rutan.


    "Sinergi Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan sangat dibutuhkan agar menghasilkan solusi dengan skema yang terbaik serta dapat melahirkan kebijakan yang bermanfaat untuk saudara kita yang menjadi warga binaan”. kata Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat.


    Selain dukungan dari bupati, dukungan terhadap jaminan kesehatan bagi narapidana dan tahanan ini diungkapkan Kepala Rutan Wonosobo, Yugo Indra Wicaksi. Pihaknya mengucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan, dan BPJS Kesehatan Kabupaten Wonosobo yang sudah menjadi inisiator untuk kita segera melakukan langkah-langkah agar warga binaan Kabupaten Wonosobo dapat terjamin oleh JKN-KIS.


    Seperti diketahui wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kebumen mencangkup tiga kabupaten yakni Kabupaten Kebumen, Wonosobo dan Purworejo. Saat ini BPJS Kesehatan KC Kebumen terus berinovasi melalui layanan digital untuk melayani masyarakat dengan jaminan kesehatan. (wh/rz/fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top