• Berita Terkini

    Selasa, 04 Mei 2021

    Isi Ramadhan, Bedah Peraturan Pemerintah

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Beragam kegiatan dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan. Ini mulai dari berbagi dengan sesama hingga meningkatkan pengetahuan. Dengan meningkatkan pengetahuan, Ramadhan akan semakin bermakna.


    Ini pula yang dilaksanakan oleh Badko TPQ, Pondok Pesantren dan (FKDT) Forum Komuikasi Diniyah Takmiliyah Kecamatan Petanahan. Mereka secara bersama membedah Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007. Ini tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Kegiatan dilakasanakan di TPQ Al Hikmah Desa Kewangunan Petanahan, beberapa waktu lalu.


    Kegiatan diikuti oleh peserta dari TPO, Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah dan undangan. Selain bedah Peraturan Pemerintah, acara juga diisi dengan buka bersama. Adapun pematerinya yakni Kepala Kementerian Agama Kebumen H Panut SPd MM dalam hal ini diwakili oleh Maruf Widodo MPd


    Acara juga dihadiri oleh Forkopimcam Petanahan. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini penting guna mencegah penularan Covid-19.

    Ketua Rembug Madin Petanahan KH Ahmad Mufid SAg MPd menyampaikan kegiatan dimaksudkan agar para peserta dapat memahami PP Nomor 55 Tahun 2007. Dengan demikian diharapkan lembaga pendidikan agama di Petanahan dapat berkembang. “Ini penting sekali. Kami berharap lembaga pendidikan agama dapat berkembang dengan baik,” tuturnya.

    Dijelaskanya, hingga kini meski telah banyak pendidikan agama di Petanahan, baik itu TPQ, Madin maupun pesantren, namun tidak semuanya memahami payung hukumnya. Selain itu adanya pelatihan juga diharapkan dapat meningkatkan administrasi di lingkunngan pendidikan agama. “Meningkatkan administrasi menjadi hal yang snagat penting,” katanya.


    KH Mufid menyampaikan salah satu alasan lain yakni untuk memperkuat tali silaturahmi Ukhuwah Islamiyah di Petanahan. Hal ini juga bertujuan untuk menangkal paham radikalisme. “Ini juga dilaksanakan untuk memperingati Nuzulul Quran,” paparnya.


    Pihaknya menembahkan Nuzulul Quran merupakan malam yang penuh berkah dan bersejarah. Dimana pada malam tersebut Al Quran diturunkan. Al Quran juga merupakan Mukjizat Nabi Muhammad SAW. “Al Quran ini menjadi petunjuk bagi kehidupan umat manusia. Ini baik kehidupan dunia, maupun akherat,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top