• Berita Terkini

    Kamis, 20 Mei 2021

    Hari Kebangkitan Nasional, Lagu Indonesia Raya Bergema di Polres Kebumen


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Untuk Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang pada 20 Mei, seluruh personel Polres Kebumen hingga Polsek jajaran menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ini dilaksanakan tepat Pukul 10.00 WIB. Seluruh Ruang di Polres Kebumen Bergema Lagu Indonesia Raya 


    Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama memimpin langsung menyanyikan Lagu Kebangsaan Ciptaan WR Soepratman di Gedung Tribrata Polres Kebumen. Ini dilaksanakan tepat pukul 10.00 WIB, Kamis (20/5/2021).


    Seluruh personel Polres Kebumen berdiri dengan sikap sempurna untuk menyanyikan lagu kebangsaan tersebut.  Ini dilaksanakan dengan penuh khidmat dan penjiwaan di depan ruang kerjanya masing-masing.  Seketika, selama lagu Indonesia Raya dinyanyikan, seluruh lorong Polres Kebumen bergema. "Ini dilaksanakan sebagai bentuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional," jelas AKBP Piter. 


    Selanjutnya ditambahkan Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khitmad, merupakan wujud spirit nasionalisme dan kesatuan.

    Selain personel Polres Kebumen, seluruh pengunjung Polres yang tengah mengurus permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian SKCK dan para tahanan di Rutan Polres Kebumen juga turut menyanyikan lagu Indonesia Raya. 


    Di Pemkab Kebumen sendiri, Peringatan 113 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2021 dilaksanakan secara virtual di Gedung F Kompleks Setda Kabupaten Kebumen. Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih.


    Sekedar mengingatkan Hari Kebangkitan Nasional diperingati merujuk pada hari berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini bergerak di bidang sosial ekonomi dan kebudayaan. Budi Utomo juga menjadi pelopor perjuangan kemerdekaan dengan memanfaatkan kekuatan pemikiran.


    Budi Utomo merupakan adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr Soetomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi ini digagas oleh Dr Wahidin Sudirohusodo. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. 

    Sementara itu secara nasional Hari Kebangkitan Nasional juga diharapkan menjadi momentum agar masyarakat berjuang membendung pandemi Covid-19. Lebih dari setahun ini Indonesia dicengkeram Pandemi Covid-19. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top