• Berita Terkini

    Selasa, 04 Mei 2021

    Hari Buruh, KSPSI Beri Penghargaan Pekerja Teladan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Hari Buruh Internasional (May Day) kali ini bertepatan dengan Bulan Suci Ramdhan. Hari Buruh Internasional jatuh pada 1 Mei.  Dalam Peringatan Hari Buruh Internasional kali ini DPC KSPSI Kebumen memberi penghargaan Pekerja Teladan. Ini dalam Ajang Serikat Pekerja Award 2021.


    Penyerahan penghargaan kepada pekerja teladan dilaksanakan oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto. Acara juga dihadir oleh Kapolres Kebumen AKBP Piter Yonattama SIK beserta Wakapolresnya. Kepada Dinas Tenagakerja Koperasi dan UKM Kebumen Ir Hj Siti Kharisah MM beserta stafnya.  Acara dilaksanakan di Pendopo Bupati Kebumen.

    Ketua DPC KSPSI Kebumen Akif Fatwal Amin menyampaikan kegiatan dilaksanakan sebagai upaya untuk merubah image Hari Buruh (1 Mei) yang terkesan seram dan menakutkan. Sebab peringatan selama ini sering diisi aksi unjuk rasa atau demo yang terkadang berujung rusuh. “Untuk itu kami berupaya merubah stigma itu dengan cara  pemberian penghargaan kepada para pekerja teladan di Kebumen,” tuturnya.


    Untuk mendapatkan kategori sebagai pekerja teladan, setidaknya ada beberapa kriteria dan tahapan dalam penentuan.  Ini meliputi pekerja minimal telah mengabdi selama 5 tahun. Ttidak pernah absen (ijin) selama 1 tahun terakhir dan berkelakuan baik. Selian itu juga telah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. “Sedang tahapan penilaian adalah seleksi administrasi untuk menentukan 10 besar dan dilanjutkan interview baik secara langsung maupun secara darring,” katanya. 


    Dalam sambutannya Bupati  H Arif menyambut baik kegiatan tersebut. Bupati juga menyampaikan sebentar lagi  Kebumen akan kedatangan banyak investor dalam negeri maupun luar negeri. Ini untuk mengembangkan industri di Kebumen. Untuk itu kondusifitas pekerja juga sangat menentukan. 

    “Sebentar lagi akan banyak investor yang mendirikan pabrik di Kebumen. Ini diantaranya pabrik pengolahan porang sampai kepada produk turunannya yang mana, mas Akif juga menekuni pertanian Porang,” jelasnya. 


    Dalam kesempatan itu Bupati Kebumen didampingi Kapolres Kebumen, Ketua DPC K-SPSI Kebumen, Kadisnaker Koperasi dan UKM Kebumen menyerahkan penghargaan kepada para Pekerja Teladan Kebumen terpilih. Ini  berupa Piagam Penghargaan Serikat Pekerja Award, THR sebesar Rp 1 juta dan parcel lebaran untuk Juara 1.

    Sedangkan Juara 2 berupa Piagam Penghargaan, THR Rp 750 ribu dan parcel lebaran. Sedangkan untuk juara 3 Piagam Penghargaan, THR Rp 500 ribu dan parcel lebaran. Sedang untuk harapan 1 - 3 masing-masing mendapatkan piagam penghargaan THR Rp 250 ribu dan parcel lebaran. 


    Juara 1 diraih oleh Nur Khamid pekerja dari perusahaan CV Srikandi Makmur Sejahtera (Kecap Kencana) Kebumen. Juara 2 Masyudin pekerja house keeping di PT MPS Sempor. Sedang Juara 3 diraih oleh Irwan Sutopo pekerja PT Rama Gombong Sejahtera. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top