• Berita Terkini

    Senin, 17 Mei 2021

    Diperlukan Bantuan Alat Pembuatan Chip Porang


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Peminat Porang di Kebumen semakin meningkat. Ini menunjukkan ketertarikan para petani dengan porang  semakin tinggi. Untuk itu diperlukan pengolahan pasca panen porang. Dalam hal ini yakni pembuatan porang menjadi chip.


    Seperti diketahui bersama porang merupakan jenis umbi yang banyak mengandung glukomanan. Porang diolah menjadi tepung. Namun demikian sebelum menjadi tepung porang dikeringkan terlebih dahulu yakni menjadi chip atau lempengan tipis porang kering.


    Membuat chip dapat dilakukan dengan mengiris porang. Setelah itu dikeringkan dengan menggunakan panas matahari atau oven. Pengeringan menggunakan panas matahari, mempunyai banyak kendala. Selain membutuhkan waktu lebih lama, jika mendung, pengeringan tentu tidak dapat dilakukan.


    Salah satu Pegiat Porang Kebumen Akif Fatwal Amin menyampaikan diperlukan bantuan alat pembuat chip untuk para kelompok tani porang. Dengan demikian petani akan menjual porang tidak lagi dalam bentuk umbi, melainkan chip. “Ini akan sangat menguntungkan bagi petani,” tuturnya, Minggu (16/5).


    Dijelaskannya, jika petani menjual dalam bentuk chip, tentu keuntungannya akan semakin banyak. Selain itu ini juga meminimalisasi risiko. Ini baik risiko penyusutan maupun serangan jamur hingga busuk umbi.  


    Setelah panen  umbi porang, jika tidak langsung terjual akan mengalami penyusutan berat. Hal ini juga memungkinkan merugikan petani. Jika disimpan tidak tepat umbi porang juga dapat terserang jamur. Lebih parah lagi jika umbi sampai mengalami pembusukan. “Nah disinilah pentingnya alat membuat chip. Yakni sebuah oven berskala besar yang mampu mengeringkan porang dalam hitungan jam,” katanya.


    Jika  di Kebumen terdapat kelompok tani yang memiliki alat tersebut, ini akan sangat membantu. Dimana para petani akan menjual kepada kelompok tani tersebut. Atau setidaknya petani dapat menggunakan jasa pembuatan chip melalui kelompoknya.  “Terdapat satu alat pembuatan yang dapat memproduksi chip sebanyak tiga ton dalam waktu 10 jam. Ini akan sangat pembantu petani porang,” ucapnya. 


    Adapun langkah membuat chip yakni porang yakni terlebih dahulu umbi  dibersihkan dari kotoran. Setelah itu dikupas dan dicuci dengan air bersih. Kemudian umbi diiris dengan ketebalan kurang lebih 5 centimeter. Umbi kemudian dikeringkan. Jika menggunakan matahari hingga benar-benar kering membutuhkan waktu sekitar lima hari. Porang harus benar-benar kering untuk menghindari timbulnya jamur yang dapat mengurangi kualitas dan harga jual porang. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top