• Berita Terkini

    Jumat, 09 April 2021

    RMU Kebumen Sudah Beroperasi, Bakal Diresmikan Presiden Joko Widodo


    KEBUMEN(kebumeneskpres.com)- Sentra Pembangunan Pengolahan Beras Terpadu (SPBT) atau Rice Milling Unit (RMU) yang berada di  Kecamatan Kutowinangun kini sudah bisa beroperasi. Selanjutnya, keberadaan RMU diharapkan dapat dirasakan manfaatnya oleh para petani di Kebumen. 


    "Alhamdulillah hari ini kita bisa melihat bahwa RMU ini pembangunannya sudah 100 persen, dan sudah bisa dioperasikan untuk sentra bisnis para petani di Kebumen. Patut kita syukuri bersama," ujar Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat meninjau RMU yang berada berlokasi di tepi Jalan Nasional Desa Kaliputih, Kecamatan Kutowinangun itu,  Jumat (9/4/2021).


    Saat itu, Arif tak sendiri, melainkan bersama Komisaris Bank Mandiri Arif Budimanta yang juga Staf Khusus Kepresidenan RI.

    Masih ujar Arif, nantinya RMU bakal diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. "Insya Allah untuk peresmian tidak lama ini, kita sudah mengajukan surat ke Istana agar diresmikan oleh Presiden," ujar dia.


    Arif meyakini, RMU sangat bermanfaat bagi dunia pertanian, khususnya petani. RMU memiliki kapasitas produksi 3 ton beras per jam dan 30 ton hanya dalam sehari. Sudah begitu, beras dihasilkan berkualitas.


    Bupati Arif berharap, RMU tak hanya dirasakan manfaatnya oleh petani di Kebumen. Bahkan di luar Kebumen pun bisa menggunakan RMU. "Hanya saja, untuk sementara waktu masih diutamakan untuk warga Kebumen," katanya.


    Sebagai informasi, RMU ini merupakan bagian dari program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kebumen. Khususnya, Arif Sugiyanto sejak ia menjabat Wakil Bupati Kebumen.  


    Adapun dana pembangunannya berasal dari bantuan Bank Mandiri dan PT Pertamina senilai sekitar Rp 12 miliar. RMU dibangun di atas tanah seluas 4 hektar di tanah milik desa yang disewa selama 20 tahun.


    Sedangkan untuk sistem pengelolaannya, nantinya akan dilakukan BUMDes dalam jangka waktu 20 tahun. Setelah itu, aset ini akan diserahkan sepenuhnya untuk dikelola oleh Pemerintah Desa Kaliputih.


    Pembangunan SPBT di Kebumen merupakan yang pertama di Jawa Tengah. Setelah sebelumnya sudah dibangun di 11 titik di Jawa Barat. Peletakan batu pertama saat itu dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno pada Oktober 2019 lalu.

    Adanya RMU bakal menjadi role model bisnis pertanian di Kebumen. Selanjutnya masyarakat setempat juga akan diberikan pelatihan bagi tenaga pengelola RMU oleh Bank Mandiri dengan mendatangkan para tenaga ahli. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top