• Berita Terkini

    Sabtu, 10 April 2021

    Penerapan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar



    Oleh :

    Savina Setiana 

    Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

    Universitas Muhammadiyah Purworejo


    (kebumenekspres.com) Pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk mencerdaskan bangsa, kini telah mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan tersebut tercermin dari perubahan kurikulum, yaitu adanya kurikulum baru Kurikulum 2013 yang saat ini diterapkan di Indonesia. Sebelum penerapan Kurikulum 2013 tentunya pemerintah telah melakukan uji coba kurikulum dan mengevaluasi kurikulum yang diterapkan sebelumnya. Kurikulum sebelumnya yang di terapkan di Indonesia memiliki beberapa kekurangan yaitu, kurang menerapkan pendidikan karakter, dan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru. Kurikulum 2013 merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kurikulum sebelumnya, dengan harapan kurikulum 2013 dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kognitigf, afektif, dan psikomotor siswa. Kurikulum 2013 ini lebih menekankan pada pendidikan karakter siswa, pembelajaran pada kurikulum 2013 adalah pembelajaran tematik terpadu. Pembelajaran tematik terpadu ini merupakan pembelajaran yang diterapkan pada siswa sekolah dasar.  

    Pembelajaran tematik adalah salah satu jenis pembelajaran berbasis topik atau tema  yang digunakan untuk menghubungkan beberapa konsep mata pelajaran, sehingga anak-anak dapat lebih mudah memahami suatu konsep karena mengajarkan beberapa mata pelajaran hanya berdasarkan satu topik atau tema. Pembelajaran tematik bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep secara bermakna pada siswa. Pada pembelajaran tematik ini peseta didik dituntut untuk lebih aktif, dan berfikir kritis serta dalam proses pembelajaranya berpusat pada siswa. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keaktifan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman secara langsung, dan dapat menemukan berbagai jenis pengetahuan yang mereka pelajari. Melalui pengalaman langsung, siswa akan memahami konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Pembelajaran tematik juga berkaitan dengan psikologi perkembangan, karena isi materi didasarkan atau disesuaikan pada tahapan tumbuh kembang siswa, psikologi belajar juga diperlukan, karena pembelajaran psikologi juga bermanfaat.

    Pembelajaran tematik mempunyai beberapa manfaat antara lain, menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan utuh, melatih siswa untuk memahami hubungan antar mata pelajaran, memungkinkan siswa untuk memanfaatkan keterampilannya yang dikembangkan dari mempelajari keterkaitan antar mata pelajaran. Kelebihan dari pembelajaran tematik yaitu, Pengalaman dan proses belajar akan selalu dikaitkan dengan tingkat perkembangan siswa, kegiatan yang dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan dan minat siswa, semua kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar akan diingat lebih lama, serta dapat meningkatkan ketrampilan berfikir siswa. Sedangkan salah satu kekurangan pembelajaran tematik yaitu tidak semua kompetensi dasar dapat dipadukan. (*) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top