• Berita Terkini

    Kamis, 29 April 2021

    MTP IPHI Kebumen Gelar Amaliyah Ramadhan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Majelis Taklim Perempuan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (MTP IPHI)Kebumen menggelar Kegiatan Amaliyah Ramadhan. Kegiatan tersebut juga untuk Memperingati Nuzulul Quran, Kamis (29/4/2021).


    Kegiatan dihadiri oleh Bupati Kebumen H Arif Sugianto SH dan Sekda H Ahmad Ujang Sugiono. Hadir pula Ketua IPHI Kebumen KH Dawamudin Masdar. Adapun untuk pengajian diisi KH Nashiruddin Al Mansyur yang juga merupakan mantan Bupati Kebumen. 


    Nuzulul Quran sendiri merupakan turunnya Al Quran. Dimana Al Quran diturunkan secara lengkap di Malam Lailatulqadar dari Lauh Al-Mahfudz ke Baitul Izzah atau langit dunia. Ini  pada Bulan Suci Ramadhan. Setelah itu usai diturunkan di langit dunia, lalu wahyu Al Quran diturunkan secara bertahap kepada Nabi Muhammad SAW.

    Ketua MTP IPHI Daerah Kebumen Dra Alfiah Anggriani menyampaikan Amaliyah Ramadhan merupakan gema Syiar Islam guna memujudkan sebaik baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.


    Peringatan Nuzulul Quran pada hakikatnya memperingati turunnya Al Quran. Ini merupakan peristiwa yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. “Karena dengan Al Quran manusia dapat keluar dari kegelapan dan kebodohan,” tuturnya.


    Untuk bhakti sosial, lanjut Dra Alfiah, dilaksanakan dengan membagikan 150 paket sembako. Ini akan dilaksanakan pada 1 Mei mendatang. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk melestarikan haji mabrur sepanjang hayat,” katanya.


    Bupati Kebumen H Arif Sugiono menyampaikan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Sebab hingga kini masih Pandemi Covid-19. Terkait hal tersebut pemerintah telah menetapkan larangan mudik lebaran 2021. Ini semala dari 6 hingga 17 Mei 2021. “Namun demikian jika diluar waktu tersebut ada yang yang mudik segera melapor ke Puskesmas. Ini sangat penting sebagai upaya pencegahan penularan,” tegasnya.


    Ditegaskannya Covid-19 dapat menyerang siapa saja. Ini baik balita hingga lanjut usia. Penularan juga mudah. Terlepas dari beragam pandangan, Virus Corona fakta adanya. Jika sampai terlambat penanganan dapat berakibat fatal.


    Sementara itu KH Nashiruddin Al Mansyur dalam pengajiannya menjelaskan terkait Al Quran. Al Quran merupakan Kalamullah, Mukjizat,  Obat Hati dan rahmat. “Orang yang membaca Al Quran akan memperoleh pahala dan ketenangan jiwa,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top