• Berita Terkini

    Jumat, 02 April 2021

    Mobil Polisi Angkut Perempuan Melahirkan di Karanggayam


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kawasan utara Kebumen terkenal dengan medannya yang terjal karena berupa medan pegunungan. Kondisi infrastrukturnya pun belum semuanya bagus kalau tidak mau dibilang buruk.

    Kondisi ini sangat merepotkan bagi warga, terutama bila dalam situasi darurat. Seperti yang dialami  Agus, warga Giritirto Kecamatan Karanggayam pada Selasa (30/3/2021) lalu.  Saat itu, Agus panik karena istrinya mengaduh kesakitan menjelang kelahiran anak ke dua mereka.


    Persoalannya, Agus kesulitan mendapatkan kendaraan. Beruntung, Agus mendapat akal: ia mendatangi dua anggota Polsek Karanggayam. Dengan penuh cemas, pria bernama Agus itu tiba-tiba minta tolong kepada petugas, untuk mengantarkan istrinya yang mengaduh kesakitan menjelang kelahiran anak ke duanya.


    "Pria itu menemui petugas patroli. Selanjutnya minta tolong untuk mengantarkan istrinya dengan mobil patroli. Kebetulan rute di Karanggayam cukup berbukit dan jalannya berlubang, mobil patroli kami bisa melaluinya," jelas Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Tugiman, Jumat (2/4).

    `

    Selanjutnya, petugas patroli segera menghampiri Anita Purwanti istri Agus, yang sejak tadi mengaduh kesakitan dan menaikkannya ke mobil patroli.  Sepanjang perjalanan, petugas Polsek meyakinkan Anita dan suaminya jika mereka bisa tiba lebih cepat dari waktu yang diperkirakan.

    Kondisi jalan yang cukup rusak, dikhawatirkan akan membuat kontraksi janin yang akan membuat bertambahnya pembukaan. Petugas harus memilih jalur aman untuk kondisi Anita. Petugas pun memilih route lain menghindari jalur Giritirto-Logandu yang lumayan banyak lubangnya untuk menghindari hal tersebut. 


    "Petugas kami melambung melewati jalan Kalibening dan jalan Gunungsari. Alhamdulillah, mereka bisa sampai lebih cepat ke Puskesmas," kata Iptu Tugiman. 


    Petugas Patroli akhirnya lega bisa mengantarkan Anita sebelum waktu persalinan.  Setelah sampai di Puskesmas Karanggayam 2 di Desa Pagebangan, Anita langsung diterima oleh petugas medis.  "Alhamdulillah kita ikut senang. Jangan ragu meminta bantuan kami. Kami standby 24 jam," ungkapnya. (win/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top