• Berita Terkini

    Rabu, 07 April 2021

    Jemput Bola, Petugas Disdukcapil Kebumen Sambangi Rumah Penduduk


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, sepertinya tak setengah-setengah dalam menunaikan janji kampanye. Sejumlah programnya mulai dijalankan, bahkan dirasakan manfaatnya oleh warga Kota Beriuman.


    Seperti program  Go Layanan Administrasi Kependudukan (GoLak) ini misalnya. Untuk merealisasikan program di bidang administrasi kependudukan itu, petugas Disdukcapil melakukan jemput bola. Seperti Rabu (7/4/2021), petugas menyambangi warga jompo, disabilitas dan ODGJ di Kecamatan Prembun


    Sebanyak 5 warga Desa Pecarikan dan 11 warga Desa Sidogede Kecamatan Prembun menjadi salah satu yang telah mendapatkan pelayanan GoLak. Petugas melayani langsung perekaman E-KTP di rumah mereka.


    Kasie Identitas Penduduk Disdukcapil, Asih Wigati mengatakan, pelayanan jemput bola itu merupakan program GoLak Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Program itu untuk melayani dan mengakses warga masyarakat berkebutuhan khusus yang belum memiliki data identitas diri.


    "Kami door to door, yang kami layani adakah warga masyarakat Jumpo atau lanjut usia, Difable, orang sakit, dan penderita ODGJ," katanya ditemui Ekspres di lokasi pendataan di Desa Sidogede Kecamatan Prembun


    Asih mengungkapkan program tersebut telah berjalan dibeberapa desa dan kecamatan. Diantaranya Kecamatan Alian di Desa Wonokromo dan Kecamatan Prembun di Desa Pecarikan dan Desa Sidogede. "Dari jumlah yang kami data, kemarin kami mendata 4 orang ODGJ dari Desa Sidogede yang belum mempunyai identitas KTP," ujarnya.


    Maih ujar Asih, proses perekaman meliputi data identitas diri seperti nama, tanggal lahir, alamat, sidik jari dan foto diri. Proses perekaman datapun berlangsung cepat hanya kisaran 5 sampai 10 menit. 


    Setelah direkam, data akan diolah di Kantor Diadukcapil untuk proses pencetakan KTP yang selanjutnya perwakilan perangkat desa akan mengambil di kantor dinas.


    Disinggung soal kendala di lapangan, Asih menyampaikan memang ada. Seperti jaringan internet yang buruk di sejumlah wilayah. Belum lagi, ancaman terpapar covid-19 yang memang hingga saat ini masih saja terjadi.


    Namun demikian, Asih mengaku hal itu tidak menyurutkan semangat mereka. "Ya ini bagian tugas kami dilapangan. Untuk pengamanan kami hanya berjaga dengan tetap menggunakan protokol kesehatan dalam melayani masyarakat ditengah Pandemi Covid," ujarnya.


    Sementara itu, Kepala Desa Sidogede Kecamatan Prembun, Sunarto mengatakan, pihaknya mengapresiasi program bupati Kebumen. Program tersebut dinilai cukup efektif dan bermanfaat bagi warga masyarakat khususnya diwilayah terpencil.  "Kami mengapresiasi dan mendukung penuh program Pak Bupati Arif, dengan pelayanan yang cepat masyarakat kami bisa terdata dengan baik," katanya.


    Sunarto menambahkan pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada bupati kebumen dengan program mbangun desa.  "Alhamdulillah, dan kami ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati, jalan kami sudah halus, harapan kami semoga kedepannya seluruh jalan di Kabupaten Kebumen juga menyusul," katanya. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top