• Berita Terkini

    Selasa, 27 April 2021

    "Gempa 7,6 SR Guncang Kota Kebumen"


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Cuaca cerah Kota Kebumen kemarin, (26/4/2021), berubah menjadi mencekam. Aktivitas warga pun terhenti, berubah menjadi kepanikan. Termasuk warga di Sekitar Penopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.


    Mereka dilanda kepanikan setelah mendengar suara gemuruh disertai raungan sirine menandai gempa dahsyat berkekuatan 7,6 skala richter mengguncang kota beriman. Sontak warga memukul kentongan dan berlari ke titik kumpul untuk mengamankan diri. Namun, itu bukan gempa sungguhan melainkan simulasi gempa bumi dan tsunami dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang digelar  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen.


    Sedikitnya 15 ribu warga yang terbagi di 100 titik lokasi simulasi bencana gempa bumi dan tsunami, mengikuti kegiatan itu. Lokasi itu antara lain di lingkungan sekolah, perguruan tinggi, aparatur pemerintah dan instansi yang tersebar di 26 Kecamatan se Kabupaten Kebumen.

    Turut dalam simulasi tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih. Latihan evakuasi mandiri diawali dengan pemukulan Kenthongan Lonceng/Alarm/Sirine sebagai penanda simulasi, tepat pada pukul 10.00 WIB waktu setempat. Selanjutnya masyarakat bergerak menuju tempat evakuasi yang aman dan mudah dijangkau masyarakat dalam waktu singkat.


    Latihan Simulasi Evakuasi Mandiri Secara Serentak dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2021 yang dimana Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) diperingati setiap tahunnya pada 26 April. HKB sendiri dibentuk atas inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan tujuan untuk mengajak semua pihak meluangkan waktu satu hari untuk melakukan latihan kesiapsiagaan bencana secara serentak. 

    "HKB tahun ini menggunakan slogan "Siap Untuk Selamat" serta mengusung tema "Latihan membuat kita selamat dari bencana" dengan empat hal yang perlu dilakukan, yang diantaranya mengenali ancaman bencana yang ada di sekitar, mengenali risiko bencana, mengetahui tempat evakuasi, dan pelatihan menghadapi bencana bersama keluarga," kata  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto

    Selain Bupati dan Wakil Bupati, acara kemarin juga diikuti Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama Sekda Kebumen Ujang Sugiyono dan Plt. Kalak BPBD Drs. Eko Widianto. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top