• Berita Terkini

    Kamis, 01 April 2021

    Banjir Genangi Jalan Nasional, Juga Rusak Rumah di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah Kebumen Kamis (1/4/2021) mengakibatkan banjir.  Hujan juga membuat Sungai Telomoyo limpas hingga menggenangi jalan raya. Sejumlah rumah warga juga dilaporkan rusak akibat terjangan angin kencang.



    Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen, Teguh Kristiyanto melalui Bako Humas Heri Purwoto, mengatakan, hujan deras melanda Kebumen mulai pukul 15.00 WIB hingga 18.30 WIB namuan di wilayah Kebumen barat dan utara hujan sudah turun sejak siang hari. Ketinggian genangan air di ruas Jalan Nasional tepatnya di Karanganyar bervariasi mulai 20 hingga 30 cm.


    “Betul, air mulai naik, beberapa ruas jalan tergenang air, kami sudah menerjunkan beberapa tim reaksi cepat dan tim asesment” kata Heri.



    Akibat genangan air di ruas jalan nasional membuat kemacetan, menyikapi itu, BPBD Kebumen berkoordinasi dengan petugas kepolisian untuk membantu mengatasi kemacetan yang timbul. Hingga pukul 20.30 WIB jalan raya karanganyar gombong sudah bisa dilalui kendaraan, kemacetan mulai terurai.


    “Air sudah mulai surut, dan kendaraan sudah mulai lancar,” ujarnya.


    Selain itu, akibat hujan deras, laporan kejadian bencana lain turut memebanjiri Pusdalops BPBD Kebumen. Beberapa rumah warga rusak akibat hujan angin. Kejadian tersebut menimpa rumah milik Darwan (45) warga Dukuh Luwung, RT 01 RW 02, Desa Wonoharjo. Kecamatan Rowokele.


    "Rumah korban ambruk sekira pukul 17.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, saat ini korban mengungsi di rumah saudara,” tambah Heri.


    Sementara itu, BPBD Kebumen hingga kini masih melakukan pemantauan di sejumlah titik lokasi rawan banjir seperti di wilayah Kecamatan Adimulyo yang dilaporkan air sudah mulai meluap tanggul.


    "Kami masih siaga, ada laporan air sudah meluap tangggul di Adimulyo tetapi belum masuk rumah warga," ujarnya. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top