• Berita Terkini

    Rabu, 07 April 2021

    31 Gapoktan Kebumen Diguyur Bantuan Rp 1,5 Miliar


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Sebanyak 31 gabungan dan kelompok tani (Gapoktan/Poktan) di Kabupaten Kebumen mendapat bantuan senilai Rp 1,5 miliar.  Bantuan Pinjaman Dana Talangan Pengadaan Pangan Tahun 2021 itu diserahkan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin (5/4/2021).


    Hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Kebumen Solatun AMd, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono,SH., Inspektur Dra. Hj. Diyah Woro Palupi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Nugroho Tri Waluyo,dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Ir. H. Tri Haryono.


    Untuk penyerahan dana talangan tahap I ini, diserahkan kepada 24 Gapoktan/Poktan. Dari jumlah penerima, 10 Gapoktan/Poktan mendapat pinjaman sebesar Rp 55 juta, 5 Gapoktan/Poktan mendapat pinjaman sebesar Rp 50 juta, dan 9 Gapoktan/Poktan mendapatkan pinjaman sebesar Rp 45 juta.


    Pada saat yang sama diserahkan pula bantuan benih padi Inhibrida 62.100 kg untuk 2.484 hektare di 100 Gapoktan/Poktan di 10 kecamatan, bantuan benih padi Inhibrida kegiatan Peningkatan Indeks pertanaman (PIP) 15.625 kg untuk 625 hektare di 9 Gapoktan di Kecamatan Ambal.


    Selain itu benih padi untuk IP 400 sebanyak 625 kg untuk lahan sawah seluas 25 hektar di Desa Singoyudan, Kecamatan Mirit, dengan sumber dana APBN Tahun 2021, dan APBD Provinsi Jawa Tengah sejumlah 5.000 kg untuk lahan seluas 200 hektar. Diserahkan juga bantuan dana sarana produksi untuk kegiatan IP 400 sejumlah Rp 48.375.000.


    Bupati Arif Sugiyanto mengatakan, Kabupaten Kebumen mayoritas penghasilan dari pertanian, oleh karena itu ia berkomitmen membangunan kebumen sesuai RPJM, bagaimana menciptakan agrobisnis menjadi penopang yang baik perekonomian masyarakat.


    "Visi misi kita jelas dalam mewujudkan Kabupaten Kebumen yang sejahtera mandiri dan berakhlak bersama rakyat dan kedepannya adalah penguatan agribisnis contohnya memberikan perhatian kepada petani," kata Bupati Arif usai penyerahan.


    Lebih lanjut Arif Sugiyanto sampaikan, program untuk meningkatkan program Tani Mulyo sebagai program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati “pada pagi hari ini akan meluncurkan 24 gapoktan dari 31 yang akan menerima permodalan dengan harapan dapat menyerap padi yang ada di masyarakat yang sekarang ini harganya sedang jatuh dan tentunya tidak hanya padi namun jagung dan kacang hijau dan lainnya yang berbasiskan kepada pertanian” ungkap Bupati .


    Bupati juga berharap dari pola yang telah dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan ini diharapkan dapat ditingkatkan dari 1,5 M menjadi 2 kali lipat atau tiga kali lipat.


    Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Ir. H . Tri Haryono menjelaskan, bahwa Dana Talangan Pengadaan Pangan adalah dana yang bersifat talangan dan diberikan kepada Gabungan kelompok tani/kelompok tani untuk modal usaha pembelian gabah/beras, jagung, kedelai dan kacang hijau dari petani dan harus dikembalikan ke Rekening Kas Umum Daerah dalam jangka waktu tertentu.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top