• Berita Terkini

    Selasa, 06 April 2021

    14 Peserta Ikut Uji Kompetensi LKP Ngesti Utomo


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Kompetensi adalah sebuah keahlian. Standar formal kompetensi dibuktikan dengan sertifikat. Untuk mendapatkanya harus mengikuti uji kompetensi. Bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat kompetensi.


    Ini pula yang dilaksanakan oleh peserta didik LKP Ngesti Utomo Kebumen. sebanyak 14 siswa regulernya, Selasa (6/4) mengikuti Uji Kompetensi Tata Rias Solo Pakem. Ujian tersebut dihadiri oleh Disnakerkop UMKM Kebumen.


    Uji kompetensi dilaksanakan oleh lembaga. Ini bagi siswa reguler. Yakni siswa mandiri yang bukan dari bantuan program pemerintah. Dalam ujian semua peserta menghias model. Tim penguji akan menilai sesuai dengan hasil riasannya.


    Pimpinan LKP Ngesti Utomo Hj Fadilah Sri Maryatni menyampaikan ke 14 siswa semuanya lulus ujian. Mereka telah mengikuti pelatihan atau kursus tata rias selama tiga bulan lamanya. “Alhamdulillah lulus semua,” tuturnya.


    Beberapa hal yang dipelajari meliputi merias wajah, membuat paes,sanggul bangun tulak dna beberapa perhiasan. Untuk perhiasan meliputi giwang ronyok, gelang tretes, permata tretes dan cincin. Selain itu juga bros, penetep, pasan sokan dan sisir jingkat. “Banyak jenis pengantin, namun untuk kali ini yang diujikan adalah Solo Baku/Pakem,” katannya.

    Masing-masing dari jenis,pengantin mempunyai perbedaan. Misalnya antara Solo, Yogyakarta dan lainnya. 


    Disampaikan pula, setelah lulus peserta tentunya memiliki kompetensi untuk merias dengan baik. Meski demikian yang perlu diingat kunci kesuksesan yang sesungguhnya terdapat pada karakter atau etika. “Untuk itu meski telah memiliki komptensi, perias harus menjunjung tinggi nilai etika,” tegasnya.


    Nantinya para peserta akan terjun ke dunia profesi. Persaingan lintas perias tentu menghiasi setiap langka berkarir. Untuk itu selalulah berkompetisi secara sehat. “Untuk menuju kesuksesan ilmu menjadi hal yang sangat penting. Kendati demikian etika dan pelayanan juga lebih penting. Berilah pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Sebaliknya pelanggan juga akan memberikan yang terbaik untuk kita,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top