• Berita Terkini

    Kamis, 11 Maret 2021

    Sisa Dana Pilbup Kebumen Rp 3,4 Miliar Dikembalikan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Kebumen mengembalikan dana sisa penyelenggaraan Pilkada Kebumen. Dana sisa Pilkada yang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Kebumen sebesar Rp 3,4 miliar tersebut diserahkan  Rabu (10/3/2021).


    Pengembalian dilakukan disertai dengan penyerahan laporan oleh KPU yang kemudian diterima langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.


    Ketua KPU Kebumen, Yulianto mengatakan, dalam pelaksanaan pilkada 2020 lalu, KPU Kebumen menerima dana hibah sebesar Rp 44, 1 miliar dari pemerintah Kabupaten Kebumen. 


    Dana yang berjalan dari tahun 2019 hingga 2021 ini akan dipertanggungjawabkan KPU Kebumen kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen pada akhir Maret mendatang.


    Penggunaan anggaran dalam Pilkada Kebumen ini, sebelumnya juga telah dilakukan audit oleh Badan Pemerikasaan Keuangan BPK RI. Dari penggunaan anggaran tersebut terdapat sekitar 40 persen dari efisiensi pengadaan sarana dan prasarana. Salah satunya pengadaan logistik pemilu yakni senilai Rp 1,1 miliar.


    Adapun efisiensi lainnya adalah tidak adanya sengketa dan gugatan atas hasil Pemilukada Kebumen. Dengan begitu secara otomatis dana tersebut juga dikembalikan ke Pemerintah Daerah. Kemudian di dalam badan penyelenggara, juga ada efisiensi sekitar Rp 600 juta, dengan total Rp 3,4 miliar.

    "Dari anggaran yang sudah kita terapkan, ada sisa anggaran sekitar Rp 3,4 miliar yang akan kami serahkan kembali ke Pemkab (Kebumen)," ujar Yulianto.


    Sementara itu Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan terima kasih kepada KPU Kabupaten Kebumen atas kinerja yang telah dilaksanakan sehingga Penyelengara Pemilukada Kabupaten Kebumen berjalan baik dan lancar. Sudah begitu, ada efisiensi anggaran.

    "Intinya Pilkada Kebumen berjalan lancar, dan ada efisiensi yang cukup luar biasa dan kami dari Pemerintah Kabupeten Kebumen mengucapkan terima kasih atas semua kinerja yang dilaksanakan oleh KPU," ucapnya.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top