• Berita Terkini

    Minggu, 14 Maret 2021

    PPKM Longgar, Pantai Bocor Diserbu Wisatawan

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Kelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) di obyek wisata disambut baik oleh masyarakat. Mereka pun terlihat berbondong-bondong mengunjungi obyek wisata.

    Seperti terpantau Minggu (14/3/2021) Pantai Bocor di Desa Setrojenar di Kecamatan Buluspesantren dari pagi hingga petang ramai dipadati pengunjung.  Meski begitu pihak pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


    Sariyatun (40) salah satu pedagang Pantai Setrojenar, mengakui belakangan ini Pantai Setrojenar mulai ramai dipadati pengunjung.  Situasi ini terjadi seiring kebijakan pemerintah yang memberi kelonggaran PPKM untuk Obyek Wisata.


    Terkait kebijakan ini, Sariyatun mengaku setuju. Kebijakan ini membuat geliat ekonomi masyarakat bisa kembali bergerak."Sangat setuju dengan diperbolehkannya obyek wisata untuk kembali dibuka, karena masyarakat juga berwisata, dan kami pencari ekonomi di pantai pendapatan bisa meningkat," kata dia.


    Sejumlah warga lain mengungkapkan hal yang sama. Mereka berharap dibukanya obyek wisata ini masyarakat setidaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Hal ini ddikranakan demi keamanan bersama agar terhindar dari wabah pandemi covid 19.


    "Untuk keamanan bersama dari wabah covid 19, mari jaga bersama sama aturan yang telah diterapkan pihak pengelola wisata, minimal memakai masker saat datang ke wisata, dengan begitu obyek wisata di Kebumen bisa terus dibuka," ujar Pamuni (32) wisatawan lain.


    Di sisi lain, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Kebumen hingga Minggu (14/3) melaporkan ada 6.754 kasus positif Covid di Kebumen. Dari jumlah itu, 6.315 dinyatakan sembuh, sementara, 273 meninggal dunia.


    Terlepas dari itu, Pantai Setrojenar memang menawarkan panorama indah. Sudah begitu, murah pula. "Aksesnya mudah dari kota tinggal lurus ke selatan, tiket masuknya hanya bayar parkir saja, Rp 3000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil," ujar Ikhawan (31) salah satu warga Desa Surotrunan Kecamatan Alian soal alasannya memilih berkunjung ke Pantai Setrojenar.

    Sejauh ini, Pantai Setrojenar masih dikelola pihak desa. Namun demikian, obyek wisata ini memiliki fasilitas cukup lengkap, mulai dari parkir yang luas, kolam renang dan area bermain anak-anak. Tak sedikit masyarakat juga mandi dilaut meski hal itu tidak disarankan oleh petugas.


    Selain itu, dilokasi Pantai Setrojenanar wisatawan dapat melihat perkebunan buah Melon, jika beruntung mereka bisa membeli buah melon langsung petik saat sedang musim panen saat ini. 


    Objek wisata yang juga termasuk dalam wilayah lapantan latihan tempur TNI AD ini memang tak kalah indah dibanding pantai lain. Pantai ini juga sering digunakan untuk Kopdar para komunitas mobil dam motor.


    Keindahan Pantai Setrojenar lebih tampak saat pemandangan matahari terbenam. Terlihat jelas rona jingga disisi barat membuat semangat para wisatawan untuk berfoto selvi. Selain itu pantai dengan hamparan pasir yang luas juga banyak digunakan masyarakat untuk bermain bola voli. 

    Selain itu, saat ini pantai selatan kebumen sedang musim Yutuk atau Kecoa Laut dan kerang hijau. Banyak wisatawan yang mencari bintang itu untuk dimasak dan dikonsumsi.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top