• Berita Terkini

    Minggu, 28 Maret 2021

    Pengamanan Tempat Ibadah di Kebumen Diintesifkan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-- Polres Kebumen mengintensifkan pengamanan terhadap sejumlah  objek vital, termasuk rumah ibadah Gereja.  Ini dilakukan untuk memastikan umat Nasrani dan Kristiani dapat melaksanakan ibadah dengan tenang.


    Seperti pada Minggu (28/3), Polres dengan patroli backbone menyambangi Gereja Kerasulan Baru yang berada di Desa Kedungdowo.  Mula-mula personel Polsek datang selanjutnya melakukan sterilisasi sambil melakukan pemantauan. 


    Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Tugiman, menyampaikan patroli sekaligus sambang dilakukan agar selama kegiatan keagamaan berlangsung khidmat.  "Ini adalah kegiatan rutin Polres maupun Polsek. Sasaran patroli akhir pekan yakni objek vital, diantaranya adalah Gereja-Gereja," ungkap Iptu Tugiman, Minggu (28/3/2021).


    Selain Polsek Poncowarno, patroli juga digelar di Polres Kebumen serta Polsek Jajaran lainnya.  Patroli ke sejumlah Gereja sudah menjadi agenda rutin Polres Kebumen. Untuk tingkat Polres, Sat Sabhara Polres Kebumen melibatkan Unit K9 (Unit Satwa) dengan melibatkan anjing pelacak spesialis bahan peledak serta Narkotika. 

    Kemampuan anjing tersebut sudah terlatih sehingga diharapkan sebelum kegiatan keagamaan di Gereja dimulai, Gereja sudah steril dan siap digunakan.

    Selain Gereja, perbankan, perkantoran, sekolah-sekolah, objek wisata juga menjadi sasaran prioritas patroli Polres Kebumen. 


    Pada bagian lain, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik pasca terjadinya aksi dugaan bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

    Kapolri menegaskan, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mendalami pelaku dari aksi teror tersebut. Korps Bhayangkara menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) usai aksi tersebut.

    "Kami sedang dalami dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dan untuk masyarakat tidak usah terlalu panik, kami sedang dalami pelakunya," kata Kapolri di  Jakarta, Minggu (28/3)

    Kapolri menyebut, pihak Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri sejauh ini akan terus melakukan penindakan terhadap para kelompok teroris. Hal itu merupakan komitmen dari Korps Bhayangkara untuk memberangus para jaringan-jaringan tersebut.

    Oleh sebab itu, masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir. Mengingat, negara hadir dan tidak akan kalah dengan aksi ataupun serangan teror apapun.(win/cah)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top