• Berita Terkini

    Rabu, 03 Maret 2021

    Ngaku Bupati Arif, Coba Aksi Tipu-tipu


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-- Penipuan dengan modus mengatasnamakan pejabat kembali terjadi di Kebumen. Terbaru, pelaku menggunakan profil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Dalam aksinya, pelaku yang mengatasnamakan Bupati  menghubungi beberapa warga dan ASN.  Dalam pesannya seolah-olah akan memberikan bantuan dan meminta nomor rekening. 


    Kabag Prokopim Kebumen Eko Purwanto, kemarin (3/3/2021), membenarkan hal itu. Ia mengatakan sudah ada salah satu ASN di lingkungan Pemkab Kebumen yang dihubungi menggunakan nomor 081344224445 lengkap dengan gambar Display Picture (DP) Arif Sugiyanto dan alamat Mayjen Soetoyo Kebumen di akun tersebut. 


    Kepada calon korban, pelaku mengaku sebagai  Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang akan memberikan bantuan. Selain itu, "Arif Sugiyanto" yang ini meminta nomor rekening.


    Sejauh ini, ujar Eko Purwanto, g belum ada korban. Namun, ia tetap menghimbau warga waspada. "Kepada seluruh masyarakat apabila dihubungi nomor ini untuk diabaikan karena ini bukan nompr WhatsApp Pak Bupati, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih,"imbau Eko melalui pesan singkatnya, Rabu (3/3)


    Pada bagian lain, sejumlah pihak mengaku mendapat pesan dari nomor itu. Awalnya nomor tersebut hanya mengirip pesan singkat berupa salam. Awalnya, mereka mengira itu benar-benar nomor Bupati Arif saat melihat photo profil dan deskripsi nama.


    Ariel salah satu guru olahraga SMA N 2 Kebumen sempat mendapat pesan tersebut. Bahkan ia sempat mengkonfirmasi dan menyadari bahwa nomor WhatsApp itu bukan milik Bupati Kebumen. "Tadi pagi WA saya, intinya minta nomor rekening. Karena saya tahu itu bukan punya Pak Bupati saya hapus dan abaikan," katanya.


    Nur Amin (24) warga Desa Pujotirto Kecamatan Karangsambung juga memperoleh pesan WhatsApp serupa. Dalam pesannya ia menanayakan salah satu pondok, lalu dimintai nomor rekening dan menjanjikan memberikan bantuan. 


    Di tempat terpisah, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto membenarkan nomor yang beredar dan mengatasnamakan dirinya adalah murni ulah pelaku penipuan.  "Bukan, itu orang tipu-tipu, hati-hati," kata Bupati Arif Sugiyanto. (fur)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top