• Berita Terkini

    Selasa, 02 Maret 2021

    Mengacu LHKPN, Bupati Arif Lebih Kaya dari Anak Jokowi


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menjabat Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto  memiliki total harta kekayaan senilai Rp 22,52 miliar. Jumlah itu  ternyata melebihi kekayaan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang kini mejabat Walikota Solo.


    Merujuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada situs https://elhkpn.kpk.go.id  Gibran memiliki kekayaan Rp 21,1 miliar dan hutang senilai Rp 895 juta.

    Dalam rincian, Gibran yang kini duduk sebagai Walikota Solo memiliki total harta tanah dan bangunan mencapai Rp 13,4 miliar. Untuk alat transportasi senilai Rp 682 juta, harta bergerak lain senilai Rp 260 juta. Sedangkan kas dan setara kas memiliki total Rp 2,1 miliar serta total harta lainnya senilai Rp 5,5 miliar.

    Penelurusan terpisah, Arif terperinci memiliki harta tanah dan bangunan dari hasil sendiri mencapai, Rp 9,3 miliar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi 12 titik lokasi yang didominasi berada di Bogor, Depok dan Bekasi. Nilai tanah dan bangunan yang dimiliki cukup bervariatif, mulai senilai Rp 163 juta hingga Rp 2,2 miliar.

    Sementara, untuk alat transportasi Arif memiliki harta dari hasil sendiri senilai Rp 3,59 miliar. Rinciannya berupa Mobil Lexus RX3OOT Luxury 4X2 AT tahun 2017 senilai Rp 1,1 miliar, Mobil, Toyota Fortuner 2.4 VRZ 4X2 tahun 2016 senilai Rp 415 juta, Mobil BMW X1 tahun 2015 senilai Rp 250 juta, Motor Honda Beat tahun 2018 senilai Rp 9 juta, Motor Piagio Vespa tahun 2014 senilai Rp 10 juta, Mobil Toyota Innova Type Q tahun 2016 senilai Rp 315 juta, Mobil Lexus ES 300H Ultra Luxury tahun 2019 senilai Rp 1.18 miliar serta Pesawat Terbang Tecnam P92 Echo Super tahun 2002, senilai Rp 1,5 miliar.


    Dalam laporan, Arif tidak memiliki hutang dan surat berharga. Untuk harta bergerak lain senilai Rp 661 juta. Sementara kas dan setara kas memiliki Rp 2,84 miliar. Adapun berkenaan harta lainnya tercatat senilai Rp 5,2 miliar. Jika ditotal secara keseluruhan, Arif memiliki harta kekayaan Rp 22.522.726.289. LHKPN tersebut dilaporkan terakhir pada 16 Maret 2020.


    Arif Sugiyanto yang baru saja dilantik sebagai Bupati Kebumen oleh Gubernur Jawa Tengah secara virtual diketahui merupakan pensiunan anggota Polri. Ia pun memutuskan untuk menghentikan beberapa unit bisnis besar dibawah naungan PT Bumi Indonesia Properties.


    Perjalanan karir politik diawali menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen mendampingi H Yazid Mahfudz. Gerbong besar sembilan partai politik menghantarakan pria 43 tahun tersebut kini menjadi orang nomor satu di kabupaten berslogan beriman.


    “Tekad kami menjadi pemimpin ingin berkolaborasi bersama warga yang berdaya saing, dan turut menjadi perancang sekaligus pelaku pembangunan,” kata Arif dalam sambutan perdana di Ruang Paripurna DPRD Kebumen, Jumat (26/2).

    Bersama Ristawati Purwaningsih, ia berkomitmen fokus pada program pengentasan kemiskinan yang kini memiliki status kabupaten termiskin urutan paling bontot di Jawa Tengah. “Dengan semangat gotong royong, Kabupaten Kebumen akan keluar dari kabupaten termiskin di Jawa Tengah,” ujarnya.


    Pada bagian lain,  Bendahara Umum Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Partai PPP, Iqbal Sayuti menyampaikan selamat atas dilantiknya Arif Sugiyanto sebagai Bupati Kebumen. Bagi  Iqbal Sayuti, Arif bukan orang asing. Bahkan, merupakan sahabat. 

    "Arif Sugiyanto itu sudah seperti saudara saya, jadi bupati memang cita-citanya sejak dulu, saya yakin dia punya kelebihan lebih dari dari bupati sebelumnya, dia mampu berkomunikasi langsung dengan orang-orang pusat," kata Iqbal kepada Ekspres usai acara Open House di pendopo rumah dinas bupati, baru lalu.

    Selain itu, sosok Arif Sugiyanto dikenal dekat orang-orang pusat dia juga dikenal orang yang dermawan dan ramah kepada masyarakat. Kiprahnya menjadi anggota polri yang cukup gemilang hingga dua kali mendapat gelar Satyalencana dari presiden.

    Selain itu, Iqbal menuturkan sejak dulu Arif dikenal dengan pribadi yang energik, hal itu dibuktikan tak kenal lelahnya saat menghadiri setiap kunjungan dan undangan selama menjabat menjadi Wakil Bupati Kebumen.Bahkan bisa dibilang malamnya dijakarta sore sudah dikebumen dan malamnya sudah berangkat ke Jakarta lagi.

    "Dia seperti orang tak punya lelah, mondar-mandir kebumen jakarta sudah biasa," katanya.

    Tak hanya itu, Informasi yang diterima, prestasi selama menjabat wakil bupati kebumen Arif Sugiyanto mampu menghadirkan berbagai terobosan baru seperti, Rice Mailing Unit (RMU) yang di bangun di Desa Kaliputih Kecamatan Kutowinangun. Pusat pengolahan oadi basah menjadi kering itu dibangun oleh CSR Bank Mandiri dan diawali pembangunan oleh Menteri BUMN Rini M Soemarnopada 2019 lalu.

    Berkat komunikasi dengan pimpinan dan jejaring pusat di Jakarta, Arif mampu menghadirkan Kereta Eksekutif dan KA Bandara jurusan Kebumen - Jogja berhenti di Stasiun kebumen. Tak hanya keretanya akses perluasan jalan stasiun dan wacana akan pembukaan pintu herbang stasiun kebumen dari sebelah selatan.

    Selain itu kiprahnya saat menjadi anggota polri, dan berkecimpung dengan lembaga superbody KPK, Arif mempunyai cara khusus untuk memberantas korupsi, pria kelahiran Dukuh Ketugon Muktisari itu yang saat ini menjabat Bupati Kebumen menrencanakan menggalar festival amggaran dan mendapat pengawasan langsung dari KPK.

    Arif Sugiyanto pun dinilai lihai dalam membuat program inovasi.  Salah satunya melalui festival dan penggunaan anggaran Pemkab Kebumen yang akan dipantau langsung oleh KPK.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top