• Berita Terkini

    Selasa, 16 Maret 2021

    LPSE Alami Gangguan, Tatag Nilai Sudah Ganggu Program Bupati


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Adanya Gangguan di LPSE Kebumen dituding menjadi kendala bagi pelaksaan program-program Bupati Kebumen. Hal ini termasuk menjadi kendala pada pelaksanaan program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Kebumen. 


    Peran LPSE sangat vital. Pasalnya untuk mewujudkan program-program pemerintah tersebut diperlukan lelang pengadaan barang. Dalam hal ini dilaksanakan melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Namun demikian sudah hampir 1 bulan ini, LPSE Kebumen mengalami gangguan. Dengan demikian beberapa program bupati pun tentunya tidak bisa diwujudkan.


    Salah satu Anggota DPRD Kebumen Tatag Sajoko menyampaikan apapun alasannya adanya gangguan yang terjadi di LPSE jelas-jelas menjadi kendala bagi terwujudnya program-program Bupati Kebumen. Hal ini jelas sebab program tersebut terhambat untuk dilaksanakan. “Dalam pandangan apapun terlebih ketika dinilai dari sudut pandang politik ini merupakan bentuk penghambat,” tuturnya, Selasa (16/3/2021).


    Ditegaskannya, dukungan dari semua pihak menjadi sangat penting terkait dengan terwujudnya program-program Bupati Kebumen. Termasuk dukungan dari para OPD. Dimana OPD-OPD di Kebumen seharusnya mendukung penuh program-program Bupati Kebumen. “Programkan harus dilelangkan, Jika tidak ada lelang ya tidak dapat dilaksanakan,” katanya. 


    Tatag juga sangat menyesalkan kenapa kerusakan di LPSE musti terjadi. Kerusakan yang terjadi dalam 1 bulan ini seakan bebarengan dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kebumen. Dalam hal ini Tatag juga mempertanyakan beberapa hal. Faktor apa sebenarnya yang menjadi penyebab terganggunya  LPSE tidak dapat beroperasi. 


    Apakah ini karena faktor usia atau kadaluarsa peralatannya. Kalau ini yang terjadi maka tidak profesional sekali Pemkab. Kalau yang terjadi adalah kerusakan biasa, kenapa tidak bisa diatasi. "Kalau sampai ada data yang hilang yang menyebabkan menjadi kendala juga sangat aneh dan tidak masuk akal. Kan seharusnya ada backup data. Kalau sampai tidak ada backup, ini keterlaluan namanya," paparnya.


    Terpisah Kepala Diskominfo Kebumen Cokroaminoto membenarkan jika selama kurang lebih 1 bulan ini LPSE Kebumen memang mengalami gangguan. Namun demikian pihaknya juga tidak tinggal diam. Terkait dengan ganggguan tersebut segera dilaksanakan perbaikan. “Kami sudah melaksanakan perbaikan,” terangnya.


    Terkait dengan hal tersebut, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat. Dimana hardisk server LPSE Kebumen memang mengalami gangguan. Kini beberapa data sudah berhasil direcovery. Namun demikian terdapat pula beberapa file yang belum berhasil dipanggil kembali. “Upaya perbaikan ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap pelaksanaan program-program pemerintah,” tegasnya.


    Disampaikan pula, servis hardisk yang dilaksanakan oleh LPSE Kebumen juga mengikuti rekomendasi dari LKPP. Terkiat dengan hal tersebut Cokro Aminoto juga telah menyampaikan laporan terkiat kronologi gangguan LPSE kepada Sekda Kebumen. “Kami telah melaporkan semauanya dan hingga kini masih dalam pembanahan. Sekali lagi ini juga bentuk dari dukungan terhadap pelaksanaan program pemerintah,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top