• Berita Terkini

    Jumat, 26 Maret 2021

    Kesejahteraan Minim, Pengurus BPD Kebumen Minta Perhatian Pemerintah


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (Forkom BPD) Kebumen melaksanakan silaturahmi(audiensi) dengan Ketua DPRD Kebumen H Sarimun. Kepada Ketua DPRD, para pengurus BPD itu mengadukan nasib mereka.


    Ketua Forkom BPD Kebumen Ahmad  Zen Kholik menyampaikan SK Pengangkatan BPD sendiri langsung dari Bupati. Namun demikian hingga kini perhatian dari Pemkab Kebumen terhadap BPD sendiri belum maksimal. “Hingga kini tunjangan dari Pemkab sendiri untuk BPD Belum ada,” tuturnya.



    Oleh karena itu, Ahmad  Zen Kholik mewakili para pengurus BPD di Kebumen meminta perhatian dari pemerintah kabupaten Kebumen.  Semestinya, lanjutnya, terdapat alokasi anggaran khusus dari Pemkab Kebumen khusus untuk tunjangan BPD. 


    Dengan demikian tentunya BPD akan lebih sejahtera bila dibandingkan saat ini. Selama menjabat, BPD sendiri mempunyai banyak tugas dan kewajiban. “Kami juga berharap para pengurus dan angggota BPD mendapat jaminan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan,” jelasnya.


    Dalam kesematan tersebut Zen Kholik juga menyampaikan beberapa tupoksi BPD.  Secara garis besar tupoksi terbagi menjadi dua yakni Bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat. Selain itu yakni Bidang Pemerintahan Desa dan Pembinaan Kemasyarakatan .


    Dalam Bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat terdapat beberapa bidang. Ini meliputi pembangunan umum, perdagangan dan perhubungan, industri rumah tangga, pekerjaan umum, pertanian, perikanan dan peternakan.  


    Selain itu yakni perkebunan dan kehutanan, pengairan desa, keuangan desa, perpajakan dan retribusi, perbankan, koperasi dan pegadaan pangan. Pemuda dan olahraga, peranan wanita dan pariwisata.

    Adapun untuk Bidang Pemerintahan Desa dan Pembinaan Kemasyarakatan meliputi pemerintahan, perangkat desa,  peraturan desa dan adat istiadat, ketentraman dan ketertiban, perijinan, pertahanan, organisasi sosial, politik dan ormas. Selain itu badan usaha desa, perusahaan perorangan, penanaman modal, agama dan peribadatan, pendidikan dan IPTEK serta sosial budaya.


    Selain itu kesehatan dan keluar berencana, transmigrasi dan ketenagakerjaan serta kependudukan dan lingkungan hidup. “Banyak sekali tugas yang musti dilaksanakan. Untuk itu kami berharap ini berbanding lurus dengan tunjangan,” paparnya seraya mengatakan, usai ketemu Ketua DPRD mereka juga berencana menghadap Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.


    Sementara itu Ketua DPRD H Sarimun menyampaikan pihaknya akan mengusahakan apa yang menjadi harapan BPD agar mendapatkan solusi terbaik.  H Sarimun agar Forkom BPD selalu menjaga kekompakan dalam menjalankan tugasnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top