• Berita Terkini

    Sabtu, 13 Maret 2021

    Ganjar Dukung Pengembangan Lahan Tidak Produktif Desa Menjadi Destinasi Wisata Alami


    (kebumenekspres.com) KARANGANYAR - Lahan tidak produktif seluas tiga hektare di Dusun Bulu, Desa Salam, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, akan dikembangkan menjadi lokasi desa wisata. Tahap awal pengembangan tersebut dimulai dengan penanaman sekitar seribu pohon di lahan tersebut. Penanaman pohon bersama masyarakat dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sabtu (13/3/2021).

    Kepala Desa Salam, Sutardi, mengatakan, total lahan tidak produktif di Desa Salam mencapai sekitar tujuh hektare. Atas inisiai anak-anak muda dan Karang Taruna, tiga hektare di antaranya akan dikembangkan menjadi destinasi Desa Wisata. 

    "Ke depan di sini akan kita bangun untuk desa wisata. Untuk itu berhubung semangat anak-anak muda ini luar biasa maka kita support dari desa melalui Bumdes. Nanti dikelola sendiri bersama dengan anak-anak muda di sini," katanya saat ditemui sebelum penanaman pohon.

    Ia menjelaskan, lahan kurang produktif tersebut dulunya hanya ditanami pohon sengon dan rumput pakan ternak. Pohon sengon tersebut akan ditebangi dan diganti dengan pohon jenis lain seperti pohon buah-buahan untuk mendukung pengembangan desa wisata.

    "Pohon yang akan ditanam nanti sekitar seribuan, disesuaikan dengan kondisi. Bisa pohon buah-buahan atau tanaman keras lain yang ditata sesuai dengan perencanaan pengembangan desa wisata," jelasnya.

    "Di sekitar lahan ini juga terdapat banyak mata air dan sumber air panas," tambah Sutardi.

    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang datang ke lokasi sambil gowes bersama istri, Siti Atikoh Ganjar, mendukung pengembangan desa wisata tersebut. Ia menyarankan kepada pihak desa untuk bekerjasama dengan akademisi atau universitas. Kerja sama tersebut agar universitas, dalam hal ini Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) dapat memberikan masukan terkait penataan lanskap di lokasi tersebut.

    "Pak Kades nanti ajak saja, umpama dari UNS, minta tolong ke rektor agar dikirim ahli atau insinyur yang paham tentang penataan lanskap. Sehingga tebing ini akan menjadi pemandangan yang view-nya bagus dan lingkungannya terjaga. Sekarang ini orang-orang mencari tempat yang alami. Piknik masa depan itu yang dicari seperti itu. Sudah betul sekarang ditanami (pohon)," katanya usai memimpin penanaman pohon bersama masyarakat.

    Ganjar menambahkan, penanaman pohon tersebut selain mendukung pengembangan desa wisata yang alami juga sekaligus sebagai pelestarian sumber air. Menurutnya, sumber air merupakan kebutuhan masa depan yang harus mulai dijaga dan dilestarikan sejak dini.

    "Ditanami pohon buah itu juga bagus. Semakin banyak pohon yang ditanam maka nanti sumber air terjaga, kebutuhan air terjaga, debit air juga makin banyak. Jadi kebutuhan masa depan mulai kita rencanakan sejak hari ini," katanya.(rls) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top