• Berita Terkini

    Rabu, 03 Maret 2021

    Effect Base Operation Hancurkan Niat Musuh Bertempur



    (kebumenekspres.com) BANDUNG - Selama ini konsep strategi operasi berorientasi secara tradisional dalam kampanye militer selalu mendefinisikan bahwa tujuan operasi adalah berupa kerusakan fisik sasaran yang telah ditetapkan atau dapat dikatakan setiap operasi militer hanya bersifat penghancuran saja. Oleh karena itu dalam rangka merencanakan strategi operasi, Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., menjelaskan Effect Base Operation (EBO) secara virtual kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dan dihadiri secara langsung Wadanseskoau, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., beserta pejabat, dosen, dan patun di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Senin (1/3/2021).

    Dikatakan mengambil pelajaran dari Perang Teluk pertama tahun 1991, sebaiknya tujuan kampanye militer lebih kepada fokus efek yang diharapkan dengan alasan yang jauh lebih menguntungkan daripada sekedar hanya mengharapkan kerusakan atau kehancuran fisik sasaran.
    Menurutnya, mengutip JFCOM JWFC Doctrine Pamphlet 7 yang menjelaskan EBO merupakan operasi yang direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diadaptasi berdasarkan pemahaman menyeluruh tentang lingkungan operasi untuk mempengaruhi atau mengubah perilaku atau kemampuan sistem dengan menggunakan aplikasi terintegrasi dari instrumen negara yang dipilih untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

    Danseskoau mengatakan penting untuk mempelajari EBO karena sebuah konsep baru perencanaan dalam operasi militer yang gesit, lincah, cepat, dan mudah beradaptasi dengan konflik yang sedang dihadapi. “Tujuannya untuk mengembangkan kemampuan yang dapat dengan cepat menghancurkan kemauan musuh untuk bertempur dan merusak sumber kemampuan asimetrik musuh,” jelasnya.
    Perencanaan strategis dalam EBO ini selalu mengaitkan operasi militer dengan hasil politik yang diiinginkan, meliputi proses, alat, dan organisasi yang berfokus pada perencanaan, pelaksanaan serta penilaian kegiatan atau kampanye militer untuk mengetahui efek yang dihasilkan daripada hanya menghitung jumlah target yang dihancurkan.

    Melalui EBO ini, lanjutnya, secara signifikan kapasitas untuk mendapatkan sejumlah besar tujuan secara simultan dalam peperangan seperti perang teluk bukan sekedar banyaknya target yang dapat diserang, tetapi objek vital musuh yang dapat dikendalikan secara efektif melalui serangan paralel terhadap sistem musuh dengan kecepatan tinggi sehingga musuh tidak dapat memperbaiki, beradaptasi atau mencari alternatif lain untuk mempertahankan berfungsinya sistem guna melanjutkan perlawanan.
    Pelajaran ini membekali Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 untuk merencanakan strategi dalam rangka memberikan masukan atau insight bagaimana strategi dibuat, termasuk harapan lembaga pendidikan Seskoau setelah lulusnya Pasis dapat mengikuti berbagai latihan maupun operasi yang didalamnya terdapat perencanaan strategi operasi. (penSESKOAU/Luthfi/rls)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top