• Berita Terkini

    Senin, 22 Maret 2021

    Bupati Ajak PP IWAKK Walet Emas Bangun Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto resmi melantik pengurus Pusat Ikatan Warga Asal Kabupaten Kebumen “PP IWAKK Walet Emas” untuk masa kepengurusan periode 2021-2026. Mayjend TNI Purnawirawan Ibnu Darmawan dipercaya sebagai Ketua Umum PP IWAKK WALET EMAS.

    Pembacaan Ikrar dan sumpah janji diikuti 57 anggota dan pengurus di Auditorium Global Islamic School (GIS) Jln. Raya Condet No.5 Balekambang, Jakarta Timur. Sabtu 20 Maret 2021.

    Dalam kesempatan itu, turut hadir Mantan Bupati Kebumen Buyar Winarso, Anggota DPR RI Darori Wonodipuro, Mantan Ketua IWAKK Walet Emas, Dr Ir H Budiyono Sudarso , Anggota DPRD Kebumen, Dinas Perkim LH Edi Riyanto serta sejumlah tokoh masyarakat.

    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, IWAKK WALET EMAS ini adalah wadah silaturahmi bagi warga Kebumen yang tinggal di Jakarta. Banyak diantaranya adalah orang-orang besar yang sukses mengembangkan karirnya di Jakarta. Karena itu kehadiran IWAKK WALET EMAS sangat dibutuhkan untuk ikut sama-sama membangun Kebumen.

    Arif mengatakan, Kabupaten Kebumen adalah kabupaten besar yang punya banyak potensi dan kekayaan alam sehingga perlu dikembangkan oleh orang-orang yang mau berpikir maju. Pihaknya pun sangat terbuka dengan masukan atau usulan dari masyarakat termasuk IWAKK WALET EMAS dalam kaitannya memajukan masyarakat Kebumen.

    "Dalam membangun Kebumen tidak hanya dibebankan kepada pemerintah, kita juga butuh dukungan, masukan dan kerjasama oleh semua pihak. Termasuk dari IWAKK WALET EMAS. Saya harap para jajaran pengurus dan anggota turut serta membantu kami dalam upaya membangun Kebumen menjadi lebih maju," jelasnya.


    Ia berkomitmen bersama Wakil Bupati untuk membawa Kebumen kedepan lebih baik. Untuk itu, sejumlah program pun telah diluncurkan dalam program 100 hari kerjanya, salah satunya Program Unggulan GO-LAK atau Go –Layanan Administrasi Kependudukan.


    Program ini merupakan layanan administrasi kependudukan jemput bola ke rumah “ora antri, ora suwe, cepet dadi”. Dengan program ini diharapkan 100% penduduk Kebumen wajib ber-KTP telah memiliki KTP.


    Untuk peningkatan ekonomi, Bupati Arif telah menyiapkan Program Unggulan yakni Kebumen Ekonomi Handal dan Tani Mulyo. Kebumen Ekonomi Handal merupakan program untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan tenaga kerja muda Kebumen dengan harapan bisa menekan angka pengangguran.


    Adapun program Tani Mulyo, program ini untuk meningkatkan produksi pertanian melalui pemenuhan sarpras pertanian. Dari Program ini nantinya akan menekankan pada penanganan terpadu pasca panen dengan mengoptimalkan penggunaan Rice Milling Unit (RMU) yang terletak di Desa Kaliputih Kecamatan Kutowinangun.

    "Dengan RMU ini semoga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi produksi beras para petani. RMU juga bisa menjadi pengelolaan beras terpadu yang Berskala nasional," ucap Bupati Arif.

    Soal infrastruktur, Bupati akan fokus melalui Program Unggulan bernama ‘’JAMU SEGER’’ (Jalan Mulus Ekonomi Bergerak). Program ini merupakan program untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan sehingga mampu mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.


    Dan bahkan selama dua tahun ini sebagai anggaran akan difokuskan untuk penanganan jalan jalan rusak Dengan pembenahan tersebut diharapkan dapat mempercepat pemulihan perekonomian pasca pandemi.


    "Jalan merupakan akses perekonomian warga masyarakat. Sehingga dengan pembenahan jalan akan mempercepat pemulihan perekonomian pasca pandemi," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua IWAKK Walet Emas Mayjen TNI Purn Ibnu Darmawan menyampaikan bahwa IWAKK Walet Emas merupakan perkumpulan warga perantauan asal Kebumen. Organisasi ini sebagai media bertemu dan berkumpul warga perantauan asal Kebumen yang ingin berbuat sesuatu untuk kampung halaman, salah satunya mencari peluang investasi untuk Kebumen.

    "Organisasi ini untuk semua warga Kebumen yang tinggal di perantauan dan tidak memandang strata sosial. Untuk itu kami juga berkomitmen mendukung program Pemkab Kebumen agar ke depan mentas dari predikat miskin se-Jawa tengah,"  ujarnya.


    Sekum IWAKK Walet Emas, Nicolo Machia Fely menambahkan, kehadiran Bupati Kebumen menjadi langkah awal sinergi masyarakat perantauan dengan Pemkab Kebumen untuk memajukan masyarakat dan daerah asal Kebumen pada periode ini.


    "Kepercayaan Bupati Kebumen terhadap IWAKK Walet Emas ditunjukkan dengan kehadiran beliau di acara pelantikan dan menjadi energi positif bagi Pengurus Pusat IWAKK Walet Emas,"  katanya.


    Salah satu hal yang menjadi perhatian terkait tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Kebumen. Harapan ke depan angka kemiskinan di Kebumen dapat diturunkan secara signifikan dengan dukungan masyarakat perantauan yang tergabung dalam organisasi IWAKK Walet Emas. (fur/*)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top