• Berita Terkini

    Selasa, 23 Maret 2021

    BUMDes MAPAN Desa Karangsari Terus Kembangkan Usaha


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Meski dalam masa Pandemi Corona,namun hal itu keuntungan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) MAPAN Desa Karangsari  Kebumen tetap tinggi. Bagaimana tidak dalam satu tahun saja, BUMDes tersebut mampu meraup keuntungan Bersih Rp 300 juta.


    Hal ini dipaparkan pada Rapat Musyawarah Desa (Musdes) yang dilaksanakan  oleh BPD Desa Karangsari Kebumen, baru-baru ini. Musdes tersebut terkait dengan Laporan Pertanggungjawaban BUMDes MAPAN Tahun 2020. 


    Acara juga dihadiri oleh PLT Camat Kebumen Agus Susanto, Anggota Polsek dan Danramil Kebumen, Kepala Desa Karangsari Endrata beserta perangkat, Ketua BPD Karangsari J Warsito. Selain itu hadir pula tokoh masyarakat stempat.


      Dalam kesempatan tersebut J Warsito menegaskan  BUMDes MAPAN berkembang cukup meningkat. Hal ini juga untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Pihaknya pun pihaknya mengapresiasi atas kinerja BUMDes. “BUMDes MAPAN menghasilkan laba yang cukup signifikan. Ini dapat memberikan kontribusi positif bagi Pemerintahan Desa Karangsari dan masyarakat,” tuturnya.


    Ketua BUMDes MAPAN Sri Bimawarti  mengapresiasi kepada Kepala Desa Karangsari Endrata yang juga merupakan Penasehat BUMDes. Dalam hal ini Kepala Desa telah memberikan dukungan sehingga BUMDes dapat berkembang dengan baik. “Kami juga berterima kasih kepada Manager BUMDes Mart beserta jajarannya yang telah berkontribusi positif bagi perkembangan BUMDes MAPAN,” terangnya.


    Disampaikan pula selama tahun 2020 omzet penjualan BUMDes MAPAN mencapai Rp 6.967.624.085 dengan laba kotor Rp 675.170.582. Dari jumlah tersebut di potong beban sebesar Rp 323.931.581. Sehigga keuntungan bersih sebesar Rp 323. 931.581.


    Sementara itu, Kepala Desa Karangsari Endrata berterima kasih kepada komponen yang ada. Menurutnya, BUMDes yang beroperasi sejak tahun 2017 lalu, kini telah berkembang pesat. Desa Karangsari juga akan mengembangkan unit perekonomian lainnya. Yakni membangun berapa kios pertokoan. ‘’Meski ditengah pandemi, namun omzet yang didapat terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini terbukti dari modal awal hingga sekarang BUMDes terus bertambah. Kini Desa juga sedang menyiapkan pembangunan beberapa kios pertokoan,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top