• Berita Terkini

    Rabu, 03 Maret 2021

    Ada Warga Kebumen Meninggal Tersengat Listrik, PLN Terjunkan Tim; Berikut Hasilnya..


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Musibah meninggalnya salah seorang warga Selogiri, Kecamatan Karanggayam  juga langsung mendapat perhatian khusus dari pihak ULP PLN Gombong. 


    Rabu (3/3/2021) pagi, ULP Gombong, menerjunkan tim K3L ke lokasi kejadian.  Dari hasil identifikasi, Tim K3L memastikan tak ada yang salah dalam  konstruksi milik PLN. 


    Tak berhenti sampai di situ, Tim melakukan penelusuran lebih lanjut. Saat itulah, petugas menemukan adanya empat instalasi pompa air milik warga setempat yang dipasang di kawat ground milik PLN. 


    "Saluran kabel yang digunakan untuk pompa air sudah banyak yang terkelupas dan tidak layak atau standar untuk digunakan. Hal ini lah yang menyebabkan adanya aliran listrik yang mengalir ke kawat ground milik PLN, dimana seharusnya netral dan tidak bertegangan," jelas Suv.K3L ULP PLN Gombong, Putri Rizki. 


    Adanya  empat pompa milik warga yang instalasinya numpang di Skur milik PLN, membuat skur PLN tersebut menjadi aliran listrik yang berbahaya. 


    "Saat kondisi pompa sedang bekerja Skur yang seharusnya tidak bertegangan menjadi ada aliran listrik. Lalu ada warga yang memegang arde saat kondisi tersebut, terjadilah warga tersebut tersengat (listrik)," imbuh Putri Rizki.


    Putri, pihak PLN benar-benar menghimbau kepada  masyarakat bahwa pemasangan instalasi pompa air harus dipisah atau tidak boleh digabungkan dengan kawat ground milik PLN. "Mohon kepada warga, jangan menambahkan atau mengurangi kontruksi jaringan PLN," wanti-wantinya.


    Sebelumnya,  Sumarta (67) warga Desa Selogiri Kecamatan Karanggayam meninggal dunia setelah tersengat listrik tak jauh dari rumahnya, Rabu (3/3).

    Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasubag Humas Polres Iptu Sugiyanto, peristiwa nahas itu bermula sekitar pukul 07.00 WIB saat korban akan pergi mencari rumput untuk pakan ternak. 


    Dalam perjalanan saat posisi jalan nanjak, korban menyenggol kawat ground yang ternyata ada aliran listriknya. Ia kemudian kesetrum dan meninggal. (cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top