• Berita Terkini

    Jumat, 12 Februari 2021

    Wabup Kebumen Himbau Warga Waspada Bencana


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Masyarakat diingatkan meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam, terlebih lagi di musim hujan sekarang ini, kerap terjadi curah hujan yang sangat tinggi sehingga berpotensi banjir dan tanah longsor.


    Hal disampaikan Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam pertemuan rutin Forum Komunikasi Kepala Desa se-Kecamatan Karangsambung yang berlangsung di rumah Kepala Desa Pujotirto, Kamis (11/02/2021). Turut hadir Kepala Dispermades P3A Kabupaten Kebumen, Frans Haidar.


    Menurut Wakil Bupati, peningkatan kewaspadaan untuk mengurangi risiko kebencanaan. Harapannya, jika terjadi bencana, tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun kerugian material yang besar. Terlebih lagi Kecamatan Karangsambung dengan wilayah pegunungan, rawan akan bencana tanah longsor.


    Karena itu kepala desa diminta aktif mengingatkan warganya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Kepala desa juga diminta secepatnya melaporkan ke BPBD jika terjadi bencana.


    Di sisi lain, Arif mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Apa lagi saat ini ada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro untuk pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19.


    Dalam kesempatan tersebut, wakil bupati juga menyerap aspirasi, serta keluhan kepala desa terutama persoalan infrastruktur seperti jalan rusak, dan lampu penerangan jalan. Terhadap persoalan infrastruktur, wakil bupati menegaskan, pembangunan infrastruktur di tingkat desa menjadi salah satu program prioritas pemerintahnya.

    Wakil bupati juga mengajak kepala desa kreatif dan inovatif mengembangkan desa sesuai potensi yang ada. Pengembangan desa bisa dilakukan dengan memanfaatkan dana desa, serta membentuk BUMDes Bersama tingkat kecamatan. 


    Selain itu, Arif Sugiyanto yang juga Bupati Kebumen terpilih Pilkada 2020 ini menerima berbagai keluhan dan aspirasi dari para kepala desa. Diantaranya persoalan infrastruktur diwilayah utara kebumen perlu lembenahan hingga pengembangan sektor wisata alam.


    Menanggapi hal itu, Arif Sugiyanto pihaknya usai dilantik akan memfokuskan pembangunan dimulai dari desa. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. "Nanti kami akan mulai pembangunan perekonomian dari desa, tentunya pembenahan infrastruktur dan pengembangan potensi desa," katanya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top