• Berita Terkini

    Senin, 01 Februari 2021

    Warga Purwogondo Bangun Masjid dari "Celengan"


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Sedikit dikit lama-lama menjadi bukit. Peribahasa tersebut tampaknya cocok untuk menggambarkan pembangunan Masjid Al Barokah Dukuh Purwogondo Desa Kalipurwo Kecamatan Kuwarasan. Pasalnya masjid yang dibangun dengan dana miliaran tersebut tercapai berkat adanya celengan.


    Ya, celengan infak disebar di rumah-rumah warga. Selain itu terdapat pula kotak infak yang diletakkan di pasar, beberapa toko dan Rumah Sakit Purwogodo. Dari hasil celengan dan kotak infak tersebut terkumpulah banyak dana. Bahkan kini pembangunan sudah masjid sudah mencapai 98 persen. Ini sudah menelan dana Rp 1.83 miliar.

    Ketua Takmir Masjid Al Barokah H Komarun melalui Sekretarisnya Hartono menyampaikan awalnya masjid memang sudah berdiri sangat lama.  Namun demikian sudah waktunya untuk dibangun dan memerlukan dana yang sangat besar. “Kemudian pemuda atau remaja masjid mempunyai inisiatif untuk membagikan celengan,” tuturnya, Minggu (31/1/2021).


    Kali ini, lanjutnya, merupakan ulang tahun ke 5 dari program celengan. Setidaknya kini telah terdapat 500 unit celengan yang disebar ke rumah warga. Dari jumlah celengan tersebut setidaknya terdapat Rp 8-10 juta perbulannya. Jika ditambah dengan infak, setidaknya terdapat Rp 12 juta perbulannya. “Setiap bulan ditarik dan kemudian dibagi kembali. Adapun pembangunan masjid juga dilaksanakan dengan bantuan dari berbagai pihak dalam bentuk barang,” jelasnya.


    Seksi Pendidikan Masjid Al Barokah Muhajir juga menyampaikan selain celengan dan infak Masjid Al Barokah juga mendapat bantuan pendidikan dari 40 orang donatur. Ini sebanyak 712 kitab. Kitab-kitab tersebut juga dibagi-bagikan ke tujuh mushola. Empat mushola diantaranya merupakan mushola di Dukuh Purwogondo. Sedangkan tiga mushola lainnya terdapat di Dukuh Lemangsari Desa Kalipuru. “Bantuan pendidikan sudah disampaikan ke mushola-mushola,” katanya.


    Sementara itu di Bulan Januari 2021 saja, hasil infak untuk Masjid Al Barokah dari pasar mencapai Rp 1,5 juta. Dari infak kebersihan Rp 610 ribu. Kotak infak masjid sebesae 2.110.000 dan infak celengan Rp 9.085.000. Total perolehan dalam Januari 2021 sebanyak Rp 13,005 juta,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top