• Berita Terkini

    Rabu, 17 Februari 2021

    PWI Tanam Ribuan Bibit Hortikultura di Pejagoan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Ribuan bibit tanaman holtikultura berbagai varietas ditanam pada lahan seluas 3.000 meter persegi. Penanaman perdana di area sekitar peternakan New Assa Karangpoh Pejagoan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan persiapan lahan yang telah digelar sepekan lalu, Rabu (17/2/2021).


    Hadir dalam acara penanaman, Camat, Kapolsek dan Koramil 14 Pejagoan. Selain itu hadir pula Perwakilan Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang) Kabupaten Kebumen. Acara juga dihadiri oleh Pengurus dan Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen serta Perwakilan PT Pokphan, dan SKN Group.


    Dalam sambutannya, Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan menyampaikan terimakasih atas terjalinnya kerjasama yang baik dengan berbagai pihak tersebut. Kegiatan bertajuk Penanaman Holtikultura dalam rangka peningkatan ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19 tersebut memang dilaksanakan dalam rangka Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 sekaligus HUT PWI ke-75.


    "Pemanfaatan lahan seperti ini sangat baik dan perlu didukung. Kami yakin kegiatan kali ini bisa menginspirasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan dengan berbagai tanaman produktif. Sehingga selain untuk ketahanan pangan, juga bisa untuk membantu perekonomian keluarga," tuturnya yang sekaligus juga membuka acara tersebut.


    Pada kesempatan yang sama, Kasi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Distapang Kebumen Kristiya Titis Retnaningsih menyampaikan pentingnya ketahanan pangan di tingkat rumah tangga. Pihaknya mengapresiasi positif langkah yang dilakukan semua pihak sehingga penanaman ribuan tanaman holtikultura bisa dilaksanakan. "Ini menjadi bukti bahwa kita bisa saling bekerjasama untuk meningkatkan ketahanan pangan baik di tingkat rumah tangga maupun di tingkat masyarakat," kata Titis.

    Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 sekaligus HUT PWI ke 75 di Kebumen terasa spesial. Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Pejagoan bersama Pokphand Kebumen dan SKN Group memberi "hadiah" sarana ketahanan pangan berupa lahan yang ditanami tanaman pangan holtikultura.


    Di lahan tersebut sedikitnya terdapat 10 jenis tanaman holtikultura dan tanaman buah. Ini seperti jeruk dan mangga. Semua proses mulai dari persiapan lahan, penanaman, perawatan hingga nantinya dipanen mendapat bimbingan, pengarahan dan pengawasan dari PT Pokphand Indonesia. Keberhasilan upaya tersebut diharapkan akan menjadi percontohan bagi masyarakat luas dalam menjaga ketahanan pangan secara mandiri di era pandemi. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top