• Berita Terkini

    Jumat, 12 Februari 2021

    PWI Dukung Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 di Kebumen kali ini terasa spesial. Pasalnya PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk dan SKN Group memberikan sebuah lahan seluas 3.000 meter persegi sebagai sarana ketahanan pangan. 


    Lahan tersebut nantinya akan ditanami berbagai tanaman pangan. Persiapan pengolahan lahan sendiri, secara simbolis dilakukan dengan acara mencangkul lahan bersama oleh Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan, Direktur NewAssa Adi Pandoyo, Kapolsek Pejagoan, Danramil 14/Pejagoan, Kepala Desa Karangpoh, dan perwakilan dari PT Pokphan. Hadir dalam acara ini Camat Pejagoan Farita Listiyati dan sejumlah anggota PWI Kebumen, Kamis (11/2/2021). 


    Dalam sambutannya, Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan menyampaikan apresiasi luar biasa dengan adanya persiapan pengolahan lahan dalam rangka peningkatan ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19. 


    Lahan yang berada disebelah Peternakan Ayam New Assa tersebut nantinya akan ditanami berbagai macam jenis tanaman. Dengan supervisi dari PT Pokphand, diharapkan ke depan akan menjadi percontohan bagi masyarakat luas. 


    "Selama pandemi, kita tahu masyarakat mulai memanfaatkan lahan-lahan kecil di sekitar rumah untuk bercocok tanam. Disini, dengan teknik tanam yang diawasi ahli, semoga menjadi inspirasi bagi masyarakat," jelas, yang akrab disapa Iwang itu. 


    Sementara itu, General Manager PT Pokphand wilayah Banyumas Sutrisno ditemui usai pembukaan menyampaikan, lahan yang berada di area sekitar peternakan ayam NewAssa, Desa Karangpoh, Kecamatan Pejagoan akan ditanami sedikitnya 10 jenis tanaman pangan. 


    Ini seperti cabai, tomat, terong, pare, kacang panjang, jagung manis, melon, dan jeruk. Dipilihnya lokasi dekat peternakan ayam, salah satunya karena limbah peternakan ayam merupakan pupuk yang baik untuk tanaman. "Pengolahan tanaman tersebut nantinya akan dikelola oleh orang sini. Namun kami akan terus lakukan supervisi. Jika belum sesuai ketentuan kami bertugas memberi advice," jelasnya. 



    Langkah selanjutnya yang akan dilaksanakan yakni proses penanaman bibit. Ini akan dilakukan pada Senin (15/2) sore. 


    Peringatan HPN tahun 2021 di Kebumen kali ii mengusung tema "Bangkit dari pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan" memang disambut spesial oleh Direktur NewAssa Adi Pandoyo. Dihadapan wartawan Mantan Sekda Kabupaten Kebumen itu pun memberikan semangat di tengah persoalan yang kini dihadapi. Dimana masyarakat diharapkan berperan serta dalam menyiapkan skema penanganan Virus Corona dengan menguatkan ketahanan pangan yang dimulai dari desa. 


    “Kami sangat yakin, dengan pengalaman yang kita miliki, di tengah Pandemi Covid seperti sekarang ini kesulitan ekonomi dapat teratasi dari sektor pertanian. Jadi, jagalah pertanian kita dengan baik,” ucap tutup Adi Pandoyo. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top