• Berita Terkini

    Senin, 15 Februari 2021

    Pulihkan Ekonomi, Karangrejo Rintis Desa Wisata


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)--Tim Asessor Disporawisata Kebumen melakukan penilaian terhadap Taman Balai Malang. Ini yeng terletak di Desa Karangrejo Karangayam. Ini dilaksanakan guna mewujudkan obyek wisata desa sebagai pemulihan perekonomian masyarakat di masa Pandemi Covid-19.


      Pemerintah Desa Karangrejo Karanggayam merintis obyek wisata. Ini diberi nama Taman Balai Malang. Kawasan tersebut terletak di Pinggir Aliran Sungai Lukulo desa setempat. Pada kesempatan kali ini tim asessor Disporawisata Kebumen melakukan penilaian.


    Kepala Desa Karangrejo Ahmad Bahrun menyampaikan proses penilaian tersebut dilaksanakan guna mendapatkan Surat Keputusan (SK) Bupati Kebumen. Ini tentang Desa Karangrejo menjadi Desa Wisata. Selain itu itu di masa Pandemi Covid-19 ini diharapkan wisata dapat memulihkan perekonomian masyarakat.  “Kami kini tengah berupaya mendapatkan SK Bupati. Kami juga memohon dukungan dari para instansi guna memajukan Desa Karangrejo,” tuturnya, Senin (15/2/2021).


    Dalam kesempatan tersebut Camat Karanggayam Drajat Triwibowo juga menyempaikan penilaian tersebut sebetulnya dilaksanakan guna melihat layak atau tidaknya Taman Balai Malang di Desa Karangrejo menjadi desa wisata.  Jika dari hasil penilaian menyatakan layak, selanjutkan akan diberikan SK Bupati. SK tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam mewujudkan Desa Karangerjo sebagai Desa Wisata. “Mudahan-mudahan ini akan mendapatkan penilaian terbaik,” katanya.


    Sementara itu sementara itu Kasi Pengembangan Sumberdaya Wisata Disporawisata Kebumen Gunarso menyampaikan permohonan pencanangan Desa Wisata tersebut harus memenuhi 12 kriteria. Selain itu juga fasilitas umum, unsur budaya, kerajinan dan event atau tradisi lokal desa dapat menjadi nilai plus dalam penilaian tersebut.


    Selain itu wisata juga terkait erat dengan Sapta Pesona wisata. Dimana Sapta Pesona sendiri merupakan tujuh unsur yang musti terpenuhi. Hal ini agar menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah atau wilayah wisata tersebut.


    Adapaun Sapta Pesona Wisata sendiri terdiri dari keamanan, kebersihan, ketertiban, kesejukan, keindahan, keramahtamahan dan memberikan kenangan yang mengesankan. Keamanan menjadi faktor penting agar pengunjung merasa nyaman saat berada ditempat wisata. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top