• Berita Terkini

    Senin, 08 Februari 2021

    Pemdes Karangrejo: Disiplin Bayar PBB Dapat Hadiah Sapi PO

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemerintah Desa Karangrejo Kecamatan Petanahan menyelenggarakan kegiatan Pembayaran PBB Sehari Lunas. Ini dilaksanakan di Balai Desa setempat, Senin (8/2/2021). Kegiatan dilaksanakan guna menyukseskan Lunas PBB.


    Yang menarik dari kegiatan tersebut yakni panitia memberikan hadiah utama bagi wajib pajak. Ini berupa satu ekor sapi PO. Di Desa Karangrejo sendiri pagu PBB tahun 2021 mencapai Rp 111 juta lebih. Dari jumlah itu realisasinya sebanyak Rp 95 juta lebih. Hadir pengundian hadiah Wakil Ketua DPRD Kebumen Yuniarti Widayaningsih dan Camat Petanahan Sri Kuntarti.


    Kepala Desa Karangrejo Y Anifudin mengatakan kegiatan yang diinisiasi oleh dirinya sendiri. Hal ini sengaja dilaksanakan guna mempercepat proses penarikan PBB dari wajib pajak yang memiliki tanah dan bangunan di Desa Karangrejo. "Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengefektifkan metode pemungutan Pajak PBB tepat waktu. Sehingga tidak akan ada denda," terangnya.


    Selain itu, lanjutnya, kegiatan tersebut juga agar Pemdes Karangrejo lebih fokus dalam melaksanakan program dan kegiatan pembangunan. Baik yang bersumber dari Dana Desa, Alokasi Dana Desa dan sumber dana lainnya. "Dengan adanya lunas PBB, tentu kita akan lebih fokus. Sebab beban untuk memungut PBB kini sudah terselesaikan dengan baik," katanya.


    Wajib pajak mendapatkan kesempatan undian berhadiah. Bagi yang beruntung  mendapatkan hadiah menarik dari pemerintah desa berupa satu ekor sapi PO. Selain sapi, panitia juga menyediakan sejumlah doorprize lainnya. Diantaranya, ayam kampung, alat pertanian, perabotan rumah tangga, serta doorprize menarik lainnya.


    Sekedar informasi, terkait PBB, Pemerintah Kabupaten Kebumen sendiri menargetkan pemasukan sebesar Rp 47.5 miliar di Tahun 2021 ini. Target tersebut lebih besar dari tahun sebelumnya yakni 2020. Namun demikian Rp 47.5 miliar juga lebih kecil bila dibandikan dengan perolehan pada tahun 2020 lalu. Target PBB Tahun 2020 yakni Rp 45.7 miliar. Dari target tersebut berhasil terealisasi sebanyak Rp 48.45 miliar. Sehingga target tahun 2021 lebih rendah dari perolehan tahun 2020. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top