• Berita Terkini

    Selasa, 02 Februari 2021

    Mahasiswa UNDIP Ajak Warga Desa Jatimulyo Lakukan "PATROLI HATI"

     Salah satu kegitan pelaksanaan "PATROLI HATI" bersama Warga Desa Jatimulyo


    (kebumenekspres.com) Kebumen - Masa pandemi Coronavirus Disease 2019 atau biasa disebut COVID-19 masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang serius. Tingginya jumlah kasus COVID-19 di Indonesia dengan pertambahan jumlah kasus setiap harinya membuat COVID-19 perlu mendapat perhatian dan penanganan segera. Kurangnya jumlah tenaga kesehatan serta sarana yang digunakan dalam menangani kasus COVID-19 mengharuskan masyarakat untuk dapat menjaga kesehatannya secara mandiri.


    Melihat permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2021, Vania Carissa Salsabila, mengajak masyarakat Desa Jatimulyo, Alian, Kebumen untuk lakukan PATROLI HATI pada hari sabtu (30/1/2021)  selama masa pandemic COVID-19. "PATROLI HATI" yang merupakan akronim dari Patuh Protokol COVID-19 dan menerapkan prilaku Hidup Sehat Secara Mandiri merupakan salah satu program KKN yang berfokus pada kegiatan preventif dalam bentuk penyuluhan dengan bantuan media poster edukasi."PATROLI HATI" dilaksanakan secara door-to-door di rumah warga dengan tetap menerapkan protocol kesehatan. Hal ini bertujuan untuk menghindari pengumpulan masa dan kerumunan sehingga kemungkinan penularan COVID-19 sangat kecil.


    Selain dengan metode penyuluhan "PATROLI HATI" dilaksanakan juga dengan menempelkan beberapa poster edukasi pada tempat-tempat strategis yang mudah dan sering diakses masyarakat, seperti papan informasi Balai Desa, pos ronda, dan masjid. Melalui kegiatan "PATROLI HATI" diharapkan masyarakat dapat mencegah penularan kasus COVID-19 serta dapat menjaga kesehatannya secara mandiri sehingga kurva jumlah kejadian kasus COVID-19 dapat melandai hingga akhirnya pandemic dapat dikatakan berakhir.

    Penulis : Vania Carissa Salsabila (Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP – 2017)

    Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. rer. nat. Thomas Triadi Putranto, ST., M. Eng



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top