• Berita Terkini

    Sabtu, 06 Februari 2021

    Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP Sosialisasikan 'Aku Suka Mencuci Tanganku"

    Pelaksanaan Progam 7 langkah cuci tangan bersama POS PAUD SIDOASIH Desa Kenoyojayan


    (kebumeneksores.com)  KEBUMEN - Salahsatu program kegiatan  Mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP yang dilaksanakan pada hari (Kamis/14/1/2021) Bersama Anak-anak "PAUD SIDOASIH" Desa Kenojayan Ambal Kebumen mempraktikkan progam 7 langkah cuci tangan yang dipandu oleh mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan KKN yang dilakukan secara mandiri di domisili masing-masing secara mandiri.

    Kegiatan ini dilakukan di dalam dan di luar ruangan yang diikuti oleh 30 peserta. Peserta tersebut terdiri dari 15 anak PAUD dan 15 wali. Untuk mematuhi protokol kesehatan, kegiatan dibagi dalam 3 kloter di waktu yang berbeda. Masing-masing kloter terdiri dari 5 wali dan 5 anak PAUD. Selain itu, kegiatan dilakukan dengan tetap manjaga jarak dan menggunakan masker.

    Untuk mempermudah anak mengingat gerakan 7 langkah cuci tangan maka kegiatan dilakukan dengan menggunakan nyanyian dan gerakan. Anak-anak selain didampingi oleh guru PAUD juga didampingi oleh orang tua/wali. Hal ini dilakukan agar dapat tetap mengajarkan pada anak 7 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar pada anak di rumah masing-masing.

    Praktik 7 langkah cuci tangan ini mengajarkan anak untuk dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat sedari dini. Terlebih di masa pandemi, anak-anak harus semakin menjaga kesehatan dirinya termasuk menjaga kebersihan diri dengan cara yang benar. Selain orang dewasa, anak-anak juga perlu dilindungi dari penularan virus covid-19 mengingat anak-anak merupakan salah satu kelompok rentan terkena virus tersebut. 

    Selain penyuluhan mengenai 7 langkah cuci tangan dan kapan saja harus cuci tangan, kegiatan ini juga ditambahkan dengan penyuluhan penggunaan masker di masa pandemi serta efektivitasnya untuk mencegah penularan covid-19. Progam ini diakhiri dengan praktik cuci tangan langsung yang dilakukan di luar ruangan dengan menggunakan sabun dan air.(*) 


    #kkntim1periode2021 #p2kknundip #lppmundip #undip


    Penulis : Glorea Garnet Chasmita (FKM UNDIP)

    Dosen Pembimbing KKN : Dr.rer.nat Thomas Triadi Putranto, ST, M.Eng


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top