• Berita Terkini

    Jumat, 26 Februari 2021

    Jabat Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto Minta Dukungan Semua Pihak


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Resmi sudah pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih memimpin Kebumen. Ini setelah keduanya dilantik sebagai  Bupati dan Wakil Bupati Kebumen masa jabatan 2021-2026, Jumat (26/2/2021).


    Pelantikan digelar virtual oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bersama sejumlah kepala daerah terpilih lainnya di Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu sekaligus digelar serah terima jabatan dari PLh Bupati, Sekretaris Daerah Ujang Sugiono yang kemarin menjalankan tugas sebagai bupati dalam masa transisi.


    Hadir saat itu, seluruh jajaran Forkopimda dan DPRD. Juga sejumlah mantan Bupati Kebumen, dari Amin Sudibyo, Mohammad Yahya Fuad hingga Yazid Mahfudz. Juga tampak mantan Sekretaris Daerah, Adi Pandoyo.


    Usai dilantik, Arif Sugiyanto menyampaikan pidato pertamanya sebagai Bupati dalam Sidang Paripurna DPRD Kebumen. Dalam kesempatan itu, Arif mengajak seluruh pihak bersatu dan melupakan perbedaan pendapat pada Pilkada lalu. 


    "Pembangunan bukan atas dasar kepentingan satu individu, satu golongan, satu perhimpuan, ataupun satu koorporasi. Semua untuk Kebumen. Kebumen untuk semua. We are Kebumen," tegas Arif.


    Oleh karena itu, Bupati Arif mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama membangun Kebumen. Arif menegaskan  juga menegaskan kembali komitmennya untuk totalitas membangun kota kelahirannya ini. Arif meminta dukungan semua pihak agar mimpi mewujudkan "Kebumen baru" yang gemilang dapat tercapai.  


    "Kesejahteraan dan kemajuan Kabupaten Kebumen, tidak datang dengan tiba-tiba, tetapi harus disertai ikhtiar, kerja keras, kerja cepat, kerja produktif, efektif dan efisien. "


    "Semangat yang hendak kami bangun sebagai bupati dan wakil bupati dalam pembangunan Kebumen ke depan, bukan sekadar administrator, bukan pula sekadar penyedia jasa bagi warga yang merupakan konsumennya. Namun tekad kami menjadi pemimpin yang berkolaborasi bersama warga yang berdaya, dan turut menjadi perancang sekaligus pelaku pembangunan," masih kata Arif


    Disinggung soal program 100 hari kerja, Bupati Arif menyampaikan ia akan memprioritaskan penataan aparat birokrasi. Birokrasi akan dirampingkan supaya lebih efektif dan efisien dalam bekerja. Setelah dilantik pihaknya segera bekerja. Hari Sabtu akan langsung bekerja untuk masyarakat. "Insya Allah bersama dengan Bu Wabup kami akan langsung bekerja untuk masyarakat," tegasnya. 


    Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih menambahkan sebagai wakil pihaknya akan mendukung sepenuhnya program dan kebijakan Bupati Kebumen. Pihaknya juga akan bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.  "Pada prinsipnya saya sebagai wakil bupati akan mendukung sepenuhnya kebijakan beliau. Sebagai wakil bupati saya juga akan bekerja sesuai tupoksi sebagai wakil bupati,” kata politikus PDI Perjuangan Kebumen itu.


    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih bertekad melakukan transparansi anggaran. Guna menjamin transparansi keuangan tersebut, Pemkab Kebumen bakal menggelar festival anggaran di Alun-alun Kebumen. “Festival anggaran akan saya buka di Alun-alun. Sehingga masyarakat akan bisa melihat dengan terang benderang. Itu yang paling penting," ujar dia.


    Seperti diketahui, pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) memeroleh dukungan 389.463 suara, atau 60,826 dalam Pilkada Kebumen 2020 lalu.


    Pasangan yang diusung 9 partai politik ini membaw misi 'Mewujudkan Kabupaten Kebumen Semakin Sejahtera Mandiri Berakhlak Bersama Rakyat'. Visi misi tersebut, dijabarkan dalam 5 misi. 


    Pertama, peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan birokrasi yang responsif serta penerapan e-gov dan open-gov yang terintegrasi. Kedua, peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan dasar lainnya.


    Misi ketiga, mewujudkan daya saing eonomi daerah melalui pengembangan potensi sumber daya alam, pariwisata dan kearifan lokal yang berbasiskan agrobisnis dan ekonomi kerakyatan. Keempat, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Kelima, mewujudkan masyarakat yang rukun, berbudaya dan bermartabat. (fur/mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top