• Berita Terkini

    Rabu, 10 Februari 2021

    HPN 2021, Wabup Kebumen Minta Pers Sajikan Informasi Mencerdaskan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Insan pers di Kebumen diminta dapat terus memberi kontribusi  terhadap pembangunan masyarakat dan bangsa. Termasuk bagi kemajuan daerah. Di sisi lain, insan pers diminta dapat menyajikan berita-berita yang mencerdaskan.


    Hal itu disampaikan  Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Kominfo saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di  Pendopo Bupati Kebumen, (Senin 9/2/2021) malam. 


    Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Kominfo Kebumen Cokro Aminoto, Pengurus PWI Kebumen, Anggota DPRD Kebumen, perwakilan Polres dan Kodim 0709 Kebumen, Ketua RMI NU Kebumen Gus Fachrudin Achmad Nawawi serta sejumlah awak media. Acara yang diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Diskominfor Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto diserahkan kepada perwakilan wartawan Albar majalah Mens Obsesesion News Jakarta.


    Wakil Bupati, seperti disampaikan Cokro, menegaskan, Pers merupakan salah satu pilar dalam demokrasi. Sehingga pers harus mempunyai peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya meluruskan berbagai macam berita bohong atau hoaks, misinformasi, dan disinformasi yang berkembang di masyarakat.

    "Jadilah media mainstream yang mampu menjadi pelurus dan penjernih berita. Media harus tetap menjaga marwah jurnalistik," imbuhnya.


    Disisi lain pihaknya meminta kepada insan pers untuk berperan menumbuhkan partisipasi publik dalam hal perubahan perilaku hidup sehat di tengah pandemi Covid-19 ini. Selain itu pula, insan pers harus menjadi garda terdepan dalam menginformasikan program vaksinasi kepada masyarakat secara luas.


    "Sebagian orang orang di media sosial saya kira tidak seluruhnya memiliki kecakapan literasi maupun kemampuan jurnalistik yang baik sehingga rawan dengan hoax, miss informasi, dan disinformasi yang bertebaran di mana-mana. Untuk itu peran pers harus hadir memberikan informasi yang akurat secara inovatif, dan kreatif melalui media sosial, selain menjadi kanal penyerapan aspirasi masyarakat sebagai wujud dari fungsi check and balance bagi pemerintah,"ujarnya.


    Sementara itu, Ketua PWI Kebumen Bagus Sukmawan menjelaskan, kegiatan ini merupakan sebagai bentuk rasa syukur dan selalu rutin digelar setiap tahunnya. Meski begitu, kali ini digelar hanya secara sederhana, mengingat adanya pandemi covid 19. 

    Selain tasyakuran, peringatan HPN juga digelar Resepsi HPN secara nasional melalui virtual pada 9 Februari bersama Bupati dan Wakil Bupati Kebumen serta Forkompinda. Acara ini juga dilaksanakan secara terbatas, mengingat situasi pandemi Covid-19.

    "Acara ini bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen serta Bagian Protokol dan Informasi Pimpinan Setda Kebumen dan Polres Kebumen," ungkapnya.

    Selajutnya kegiatan baksos, yakni berupa pembagian masker dan pemberian sembako kepada kelompok masyarakat rentan dan terdampak Covid-19. Acara ini digelar atas kerja sama dengan pihak ketiga yaitu Baznas Kebumen dan Polres Kebumen, sekaligus sosialisasi dan kampanye penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top