• Berita Terkini

    Selasa, 12 Januari 2021

    Vaksinasi Covid Diperkirakan Mulai Februari


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)--Perjalanan Covid-19 kini telah sampai pada tahapan vaksinasi. Di Jawa Tengah sendiri vaksinasi akan dilaksanakan pada 13 dan 14 Januari besok. Ini untuk tiga Kabupaten /Kota yakni Semarang dan Kota Semarang dan Kota  Solo. 


    Adapun penerima vaksin yakni  untuk para tenaga kesehatan (Nakes). Merekalah yang menjadi ujung tombak pada penanganan Covid. Para nakes mempunyai risiko lebih tinggi tertular Covid-19.


    Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen Kusbiyantoro saat FGD yang dilaksanakan secara online oleh Kebumen dan Banyumas Ekspres. Acara  tersebut juga dihadiri secara online oleh Wakil Bupati dan Bupati Terpilih Kebumen H Arif Sugiyanto. Selain itu hadir pula Wakil Bupati terpilih Kebumen Hj Ristawati, Selasa (12/1/2021).


    Dalam kesempatan tersebut, Kusbiyantoro menyampaikan untuk Kebumen setidaknya vaksinasi dapat dilaksanakan pada Februari mendatang. Adapun yang pertama yakni para nakes dengan jumlah mencapai 2.523 orang. Vaksinasi dilaksanakan di 35 puskesmas dan enam rumah sakit. “Hari ini (Rabu 13/1) akan dilaksanakan simulasi pengambilan vaksin, pengawalan, hingga menyimpanan,” katanya.


    Kusbiyantoro menyampaikan meski sangat tidak diharapkan, namun vaksin juga dapat menimbulkan efek samping. Ini seperti demam, alergi  dan lainnya. Untuk itu pengawasan akan dilaksanakan bagi para pihak yang telah menjalani vaksinasi. “Jika sampai terjadi efek samping, akan segera dirawat di Puskesmas atau rumah sakit. Jika dalam 30 menit tidak terjadi efek samping maka diperbolehkan pulang,” katanya.


    Sementara itu Bupati Terpilih Kebumen H Arif Sugiyanto menyampaikan pemerintah telah berjuang dengan keras untuk bisa mendapatkan vaksin. Seperti diketahui banyak negara di dunia ini yang membutuhkan vaksin Covid-19. Negara lain juga sama-sama mempunyai uang. “Bersyukur kita bisa mendapatkan vaksin tersebut. Diharapkan ini dapat mengakhiri pandemi Corona,” terangnya.


    Disampaikan pula Vaksin Corona dijamin aman. Ini telah melalui berbagai penelitian. Sehingga vaksin yang ada sudah dinyatakan keamanannya. Masyarakat nantinya jangan takut saat mengikuti vaksinasi. Ini merupakan sebuah langkah untuk mencegah penularan Covid-19. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top